Mengembala Domba-domba di Ladang

Metode pembelajaran inovatife ini bukan untuk dipergunakan dalam belajar menggembalai domba-domba di Ladang melainkan metode pembelajaran yang memperhatikan aspek pengembangan diri dan kemandirian .

Keterangan :

  1. Guru berperan sebagai Penggembala.
  2. Doma-domba diibaratkan sebagai peserta didik.
  3. Di Ladang yakni tempat dimana peserta didik mencari ilmu sedangkan domba adalah mencari rumput.

Goal / tujuan pembelajaran

  1. Peserta didik mampu mengembangkan dirinya berdasarkan motivasi belajarnya sendiri ibarat domba yang lapar dan ingin makan rumput.
  2. Peserta didik siap dan mampu bersaing berdasarkan kemampuannya tanpa paksaan tetapi penuh kompetensi.
  3. Guru memiliki observasi yang bisa dijadikan referensi berdasarkan  action students Class.

Procedural

  1. Menentukan tema utama : contoh, pemandangan alam
  2. Beri peserta didik gambaran dan pengenalan tema secara umumnya saja.
  3. Pendidik memberikan kewenangan kepada peserta didik untuk mencari sumber informasi tema tanpa membatasi dari manakah informasinya tetapi tidak menyimpang.
  4. Jika peserta didik sudah dianggap mampu menguasai temanya, selanjutnya pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi, kekurangan materi individu dalam diskusi bisa ditambahkan oleh teman-temanya dengan menggunakan perbandingan kesimpulan dari pendidik diakhir diskusi.

Dalam metode pembelajaran ini penilaian lebih mudah dan praktis karena pendidik bisa langsung mengetahui kompetensi siswa berdasarkan aspek mendengar, berbicara membaca dan menulis.

________________

Nama : Riska Cahya W

Kelas PBI C

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s