Berat sama dipikul ringan sama dijinjing

Metode pembelajaran inovatif yang terakhir ini adalah metode kombinasi diantara pendidik dan peserta didik yang saling mengisi dan melengkapi kekurangannya masing-masing sehingga proses pembelajaran akan berjalan tanpa ada hal yang terbebani karena proses belajar mengajar tidak ada yang merasa mendominasi maupun yang terdominasi, istilah kata sama rata sama rasa.

Prosedural :

  1. Pendidik memberikan tugas bukan menjelaskan materi, selanjutnya pendidik menyuruh peserta didik ke perpustakaan mengenai materi terkait dengan batasan waktu tertentu. Selain perpustakaan kita bisa memanfaatkan media sosial contohnya internet.
  2. Setelah kembali kedalam kelas pendidik meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil pencariannya secara bergantian, selanjutnya pendidik menunjukkan bahan pembelajaran yang meliputi apa saja yang akan dibahas untuk menunjukkan seharusnya apa, yang perlu di pelajari.
  3. Selanjutnya pasti materi yang dimiliki peserta didik belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang sudah dipersiapkan oleh pendidik maka dari itu sistim berat sama dipikul ringan sama dijinjing diberlakukan. Pendidik membahas secara garis besar seluruh materi sedangkan peserta didik mengoreksi hasil pencariannya, selanjutnya jika materinya belum sesuai maka tugas pendidik untuk menambahkan dan peserta didik diperbolehkan mencari kekurangan materinya dengan mendiskusikan kepada temannya sendiri.

_________

Nama : Riska Cahya W

Kelas PBI C

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s