Singing Method for Junior High School ( Metode bernyanyi untuk anak Sekolah Dasar)

Dalam metode ini guru mempunyai inovasi baru agar anak lebih giat dan gemar dalam memahami pelajaran disekolah, karena pada dasarnya, anak yang baru menginjak masa remaja sangat menyukai lagu-lagu. Dalam metode ini, anak dapat dengan mudah menghafal  dengan cara mendengarkan musik, atau lagu favoritnya. Karena pada dasarnya remaja atau abg masa kini terkadang lebih cepat menghafal lagu yang didengar, dibandingkan pelajaran yang mereka pelajari di kelas. Maka dari itu, dalam metode ini, Lagu digunakan sebagai sarana utama  untuk  mereka supaya dapat  dengan mudah mengerti dan memahami mata pelajaran disekolah. Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut,

 

Langkah-Langkah:

  1. Jika murid sudah mulai bosan dengan kegiatan belajar yang hanya itu-itu saja, mulailah berfikir kreatif agar tidak timbul rasa bosan terhadap anak. Contohnya, menghafal rumus “Past Perfect Continue” dengan menggunakan lagu bahasa Inggris favorit siswa. Jadi akan lebih mudah di pahami. Caranya, murid diminta untuk menyebutkan apa lagu kesukannya, lalu guru membimbing murid sambil bernyanyi dengan nada dan irama yang sesuai.
  2. Saat guru mengajar didepan kelas, tidak harus terpaku dengan materi dan terlihat kaku saat mengajar. Bila seperti itu murid akan cepat bosan. Saat mengajar guru bisa saja melakukan hal yang justru terkadang tidak dapat diduga oleh siswa, contohnya mengajar materi tersebut dengan lantang namun berirama, dan mempunyai suara vokal yg enak didengar. Metode ini diperuntukkan agar siswa dapat dengan mudah menyerap materi dan lebih mudah mengingat kembali. Sebisa mungkin guru membuat peserta didik terinspirasi dari apa yang kita sampaikan.
  3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik dengan cara “Peserta didik diminta untuk bisa menyampaikan materi bahasa Inggris didepan kelas, menghafal rumus atau saat melakukan percakapan didalam kelas menggunakan lagu favorit atau dengan nada dan irama yang sesuai.
  4. Guru mengevaluasi dan menilai hasil akhir setelah siswa menngunakan metode ini. Jika dalam menggunakan metode ini hasilnya jauh lebih baik, diharapkan siswa dapat mengembangkan lagi dengan lebih kreatif, dan bisa diterapkan di kelas lain.

______________

Nama               : Chris Novia. AC

CLASS           : A/PBI Smt: 5

NIM                :11.88203.005

TUGAS           : Manajemen Pendidikan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s