I MISS YOU

Metode pembelajaran ini dapat dilakukan pada semua jenjang pendidikan. Metode ini disarankan dilakukan di akhir pembelajaran sebagai review pembelajaran.

Bahan:

Kartu pertanyaan dan kartu jawaban sejumlah siswa

Langkah-langkah:

  1. Guru mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan
  2. Guru menjelaskan aturan main metode ini kepada siswa
  3. Guru membagi kelas menjadi dua kelompok besar, team A dan team B
  4. Guru membagikan kartu pertanyaan dan kartu jawaban secara acak kepad siswa
  5. Guru memanggil siswa untuk kedepan dan menunjukkan kartu yang dimiliki
  6. Kemudian siswa lain yang merasa jika kartu itu merupakan pasangannya maka akan otomatis mendekat kepada pasangannya itu
  7. Setelah semua selesai  dipanggil satu-persatu, kartu pertanyaan dan kartu jawaban dibaca keras oleh masing-masing pasangan
  8. Jika ada yang salah diberi hukuman yang mendidik, serta diberi tahu jawabannya yang benar…
  9. Metode ini akan lebih menyenangkan jika dibuat kompetisi, siapa cepat dia yang menang.

 

Oleh:

SIGIT AINUN NAZIB*/NIM.1188203109/PBI.C

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s