Card Word: Descripting Edition

Langkah-langkah       :

  • Siapkan satu set kartu kata, tiap kartu kata terdapat satu kata yang saling berhubungan dengan kata-kata di kartu-kartu lain. (contoh: classroom – desk – chair – drawer – vas – blackboard – chalk – boardmarker etc)
  • Pertama guru mengocok set kartu. Lalu mengambil salah satu dengan posisi kartu tertutup. Kata yang terdapat dalam kartu ditulis guru sebagai tittle/judul. Lalu guru membuat satu single sentence menggunakan kata yg diambil tersebut. (contoh: chair → chair is an equipment to sit everyone).
  • Kemudian set kartu diserahkan kepada salah satu siswa pada kursi terdepan atau paling belakang. Kemudian siswa mengocok kartu dan mengambil salah satu secara acak. Kemudian dengan menggunakan kata tersebut siswa meneruskan paragraf yang ada di papan tulis. (contoh: desk → chair is an equipment to sit everyone. Usually chair placed near the desk.
  • Ketika siswa kesulitan dengan kata yang di ambil untuk mengembangkannya. Siswa diberi kesempatan untuk mengocok kartu lagi dan mengambil lagi kartu secara acak. Siswa hanya diberi maksimal 3 kesempatan.
  • Kemudian siswa tersebut memberikan set kartu ke teman di sebelahnya untuk melanjutkan giliran mengocok dan mengambil kartu secara acak dan melanjutkan paragraf.
  • Lanjutkan hingga semua siswa mendapat giliran. Jka perlu ulangi satu putaran lagi jika waktu pelajaran masih panjang.

_________

Oleh: Lusi Oktafiana Ardiyanti

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s