TAK TERDUGA/CICAWIT(kecil-keCIl CAbe raWIT)

Metode pembelajaran dimana metode ini dapat digunakan dalam pembelajaran vocabulary dan speaking, yaitu dimana siswa tergabung dalam sebuah kelompok. Metode ini dinamakan cicawit karena menggunakan kertas kecil sebagai alat pembelajaran, yang dimana siswa akan mendapatkanya secara tak terduga (acak) serta membuat penasaran dan deg-degan , dan yang didalamnya terdapat materi yang akan mereka jelaskan tanpa mereka ketahui sebelumnya. Metode ini sangat cocok untuk jenjang SMA dan perkuliahan.

Langkah-Langkah;

  1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang anggotanya ± 5 orang secara heterogen.
  2. Guru menyampaikan tujuan dan inti materi.
  3. Setiap siswa diminta untuk membuat/menulis sebuah kata dalam sebuah kertas kecil.
  4. Kemudian guru menunjuk salah satu kelompok dan menyuruh setiap siswa untuk memutar/menukar kertas kepada setiap siswa dalam kelompok tersebut secara acak dengan hitungan.
  5. Setelah beberapa hitungan, siswa harus berhenti memutar kertas tanpa harus membuka kertasnya terlebih dahulu sebelum ditunjuk.
  6. Guru menunjuk siswa secara acak untuk mendemonstrasikan/mempresentasikan kata yang didapatnya dengan cara;
    1. Mencari arti dari kata tersebut,
    2. Membuat kalimat sederhana dari kata tersebut secara lisan.

Begitu juga seterusnya

  1.  Guru menarik kesimpulan dan mengevaluasi kegiatan tersebut.
  2. Penutup.

________

Lingga Mettasari_PBI/B_

Tugas2_Metode Pembelajaran Inovatif

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s