PINDAH TANGAN

Metode ini adalah metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran structure. Metode ini mengembangkan kemampuan berfikir siswa, seberapa jauh mereka memahami tentang structure tanpa harus menggunakan buku bantuan. Metode ini dapat ditunjukan untuk SMA dan perkuliahan.

Langkah-Langkah;

  1. Guru menyampaikan inti materi yang akan dipelajari..
  2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan anggotanya ± 3orang.
  3. Setiap kelompok mengambil undian yang berisi tentang materi yang akan dibahas.
  4. Setelah itu tiap kelompok membuat 1 buah kalimat sederhana yang didalamnya mengandung tata bahasa yang belum sepenuhnya lengkap serta menyediakan jawaban dari kalimat tersebut.
  5. Tiap-tiap kelompok harus menukarkan kalimat yang belum lengkap tersebut tanpa jawaban kepada kelompok lain secara acak dengan panduan guru.
  6. Kemudian tiap-tiap kelompok harus mendiskusikan materi tersebut dan setelah iu mempresentasikan hasil dari diskusi mereka di depan kelas.
  7. Kelompok/pemilik asli kalimat tersebut  harus memberikan pendapat atau koreksi dari jawaban mereka dengan memberikan jawaban yang benar. Begitu juga seterusnya.
  8. Guru mengambil kesimpulan dan mengevaluasi kegiatan tersebut.
  9. Penutup.

________

Lingga Mettasari_PBI/B_

Tugas2_Metode Pembelajaran Inovatif

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s