FACILITATOR ESTAFET CARDS

Facilitator estafet cards adalah metode pembelajaran yang sangat efektif jika diterapkan dalam rangka melatih kemampuan menulis dan berbicara siswa (students’ writing and speaking skills). Metode ini melatih siswa yang kesulitan mendapatkan ide untuk menuliskan sebuah cerita atau menceritakan sebuah pengalaman yang dialaminya, karena metode ini menuntut keaktifan dan kekreatifan siswa. Langkah-langkah metode facilitator estafet cards adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah siswa dalam satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok besar.
  2. Setiap kelompok diberikan satu lembar kertas kecil yang telah dituliskan masing-masing tema oleh guru.

Contoh tema : camping, hobbies, daily activities, holidays, sport, dan lain sebagainya.

  1. Guru memberikan instruksi bahwa minimal harus ada unsur kalimat yang menjawab pertanyaan what, who, when, dan where dengan menggunakan tenses yang sesuai. (Biasanya menggunakan past tense).
  2. Kemudian siswa diminta untuk membuat satu kalimat. Setelah satu siswa selesai, maka harus diteruskan oleh siswa satunya. Hal tersebut dilakukan sampai semua anggota kelompok mendapatkan giliran.
  3. Setelah semua anggota mendapatkan giliran menulis, maka salah satu perwakilan kelompok membacakan hasil tulisannya di depan kelas dan guru melakukan penilaian.

__________

Nama              : Elfi Zulaicha

NIM                : 11.88203.012

Kelas               : PBI / III / A

Semester         : 5

STKIP PGRI PACITAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s