DERIVATION WORD

Derivation word adalah metode yang pembelajaran yang sangat baik untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong diantara siswa. Metode ini digunakan untuk mengukur dan mengetahui kosakata (vocabulary) siswa. Dalam melaksanakan metode ini, guru harus mempersiapkan banyak kartu kata dari rumah. Adapun langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Siswa yang ada dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa.
  2. Guru memberikan instruksi bahwa masing-masing kelompok harus menyediakan satu lembar kertas dan satu buah bolpoint sebagai alat untuk mencatat. Dalam metode ini siswa tidak diizinkan menggunakan kamus atau alat bantu penerjemah lainnya.
  3. Setelah siswa menyiapkan kertas dan bolpoint, maka guru memberikan satu buah amplop yang mana didalamnya terdapat 50 kartu kata yang harus dikelompokkan ke dalam 3 kelompok kecil.

Contoh :

Induk kata       : Medicine

Turunan kata   : Doctor, nurse, ambulance, blood, injection, hospital, stetoskop, radiology, dan lain sebagainya

  1. Untuk mengerjakannya, guru memberikan waktu selama 4 menit untuk mencari kata turunan sebanyak mungkin dari kata induk.
  2. Bagi kelompok yang berhasil mendapatkan kata terbanyak, maka kelompok tersebut dinyatakan sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan hadiah.

__________

Nama              : Elfi Zulaicha

NIM                : 11.88203.012

Kelas               : PBI / III / A

Semester         : 5

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s