Bercerita Tanpa Buku

Metode ini mengadopsi dari kebiasaan sebagian orang tua yang mendongeng unuk anaknya sebelum tidur. Kegiatan ini sangat efektif apabila dimanfaatkan dengan maksimal. Metode bercerita tanpa buku ini digunakan untuk mengurangi kebosanan siswa dalam belajar bahasa inggris. Ketika mereka bosan dengan buku pelajaran yang penuh dengan teori – teori, metode ini sangat cocok untuk menjadi selingan. Metode pembelajaran ini mendongeng dan menggunakan alat bantu puppets(boneka sarung tangan) atau gambar yang digantung dipapan. Dalam kegiatan ini, guru memanfaatkan intonasi, gerakan tangan, demonstrasi, dan mimik wajah pada waktu bercerita. Pada waktu bercerita, guru dapat secara bebas menambah kata, mengubah atau mengulang kalimat atu ungkapan yang dianggap penting. Metode ini dapat digunakan siswa low class (1,2, dan 3) ataupun upper class( kelas 4,5 dan 6).            Langkah – langkah dalam Bercerita Tanpa Buku yaitu:

  1. Dalam kegiatan bercerita tanpa teks, guru harus mempersiapkan cerita, menguasai alur ceritanya dan pelaku – pelaku dalam cerita tersebut.
  2. Guru bercerita dengan intonasi yang pas, gerakan – gerakan tangan yang mendukung dan juga dengan mimik wajah mengekspresikan karakter dalam cerita.
  3. Guru dapat menggunakan alat bantu puppets (boneka sarung tangan) atau gambar yang digantung dipapan, agar menambah ketertarikan siswa.
  4. Guru juga dapat berinteraksi dengan siswa, agar mereka merasa senang karena terlibat dalam kegiatan tersebut.

 

Dalam kegiatan bercerita tanpa buku atau sering juga di sebut dengan story telling bertujuan untuk melatih ketrampilam menyimak dan melatih untuk pmahaman siswa dalam mengikuti kegiatan listening. Di samping itu, juga untuk menciptakan situasi belajar yang santai dan menyenangkan. Bahkan apabila guru mampu dan berhasil mengadaptasi dan memodofikasi bahasa, yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa dan tingkat kesulitan siswa. Hal itu akan bernilai positif dalam pembelajaran bahasa inggris.

__________

Nama   : Tri Agustin Ningrum

Nomor : 11.88203.075

Kelas   : III/ VB

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s