Inovasi Pembelajaran: Work Fast, Work Smart!

Langkah-langkah :

  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 3-4 siswa.
  2. Guru menyediakan beberapa artikel bacaan dan menempelkannya memutar di dinding kelas.
  3. Guru menjelaskan tata cara permainan.
  4. Guru memberi kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk memahami setiap bacaan yang telah ditempel dalam waktu 20 menit.
  5. Guru mempersilahkan siswa untuk mencatat hal-hal penting saja yang mereka temukan dalam bacaan.
  6. Setelah waktu 20 menit berakhir, siswa kembali ke kelompoknya masing-masing.
  7. Guru memanggil ketua dari masing-masing kelompok dan memberikan secarik kertas yang berisi pertanyaan terkait artikel bacaan yang telah mereka pahami sebelumnya.
  8. Siswa mengerjakan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara berkelompok secepat mungkin dengan benar.
  9. Ketua kelompok mengumpulkan hasil pekerjaan kelompoknya.
  10. Kelompok yang mengumpulkan pekerjaan terlebih dahulu akan mendapatkan tambahan poin.
  11. Evaluasi dan penutup.

____________

Oleh : Fika Nurmayanti

STKIP PGRI PACITAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s