Inovasi Pembelajaran: PAS (Picture Analyze in Series )

Langkah-langkah :

  1. Guru menjelaskan tujuan dan materi pembelajaran.
  2. Guru menempelkan beberapa gambar secara acak di papan tulis atau menampilkannya melalui LCD.
  3. Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis (buku dan pulpen) masing-masing.
  4. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk memperhatikan gambar-gambar tersebut sambil menentukan urutan gambar yang benar secara kronologis.
  5. Setelah siswa menentukan urutan gambar, guru meminta mereka untuk menganalisis atau menceritakan gambar-gambar tersebut didalam bukunya masing-masing sehingga antara gambar yang satu dan lainnya saling berhubungan membentuk serangkai peristiwa atau cerita.
  6. Guru memberi waktu 15 menit kepada setiap siswa untuk menyelesaikan tugasnya.
  7. Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru.
  8. Guru memanggil siswa satu persatu untuk menyampaikan hasil pekerjaannya secara lisan apakah sesuai dengan apa yang sudah ditulis oleh para siswa.
  9. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa.
  10. Kesimpulan

____________

Oleh : Fika Nurmayanti

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s