Inovasi Pembelajaran: Nature Descriptive Learning

Langkah-langkah       :

  • Siswa dibentuk kelompok berpasangan siswa, tiap kelompok terdiri dari satu ketua dan satu sekertaris.
  • Siswa diajak ke luar ruangan kelas dengan lokasi yang terdiri dari banyak benda. Misalnya lapangan olahraga, tempat parkir, pinggir jalan raya dll. (sebaiknya lokasi antara satu grup dengan grup lainnya tidak berjauhan).
  • Tiap kelompok mendiskusikan benda apa yang akan dijadikan target.
  1. Untuk Lower Classes suruh siswa untuk mencari target benda-benda individual (batu, pohon pisang, tembok pagar dll).
  2. Sedangkan untuk Upper Classes suruh siswa menari target benda-benda yang terdiri dari sekelompok benda lain (semak-semak, jalan raya, kantin dll).
  • Tiap pasangan siswa berdiskusi mendeskripsikan target yang sudah dipilih sebelumnya oleh tiap-tiap pasangan. Teks deskripsi dalam bahasa inggris ditulis oleh sekertaris kelompok dalam selembar kertas.
  • Pada tahap ini siswa diperbolehkan bertanya kepada guru tentang kosakata yang belum dimengerti. Guru berkeliling memantau siswa dan menjawab pertanyaan yang siswa belum mengerti. Tiap kata yang siswa belum mengerti dan ditanyakan kepada guru hendaknya dicatat oleh ketua kelompok di lembar lain.
  • Setelah selesai semua kelompok beserta guru kembali ke kelas.
  • Hasil deskripsi tiap pasangan di bacakan ketua kelompok di depan kelas, sedangkan anggota yang satunya (sekertaris) membacakan daftar kosakata baru yang ditulis di lembar lain.

______________

Oleh : Rudi Cahyono/11.88203.107/PBI C

STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s