Inovasi Pembelajaran: Nature Descriptive Learning

Langkah-langkah       :

  • Siswa dibentuk kelompok berpasangan siswa, tiap kelompok terdiri dari satu ketua dan satu sekertaris.
  • Siswa diajak ke luar ruangan kelas dengan lokasi yang terdiri dari banyak benda. Misalnya lapangan olahraga, tempat parkir, pinggir jalan raya dll. (sebaiknya lokasi antara satu grup dengan grup lainnya tidak berjauhan).
  • Tiap kelompok mendiskusikan benda apa yang akan dijadikan target.
  1. Untuk Lower Classes suruh siswa untuk mencari target benda-benda individual (batu, pohon pisang, tembok pagar dll).
  2. Sedangkan untuk Upper Classes suruh siswa menari target benda-benda yang terdiri dari sekelompok benda lain (semak-semak, jalan raya, kantin dll).
  • Tiap pasangan siswa berdiskusi mendeskripsikan target yang sudah dipilih sebelumnya oleh tiap-tiap pasangan. Teks deskripsi dalam bahasa inggris ditulis oleh sekertaris kelompok dalam selembar kertas.
  • Pada tahap ini siswa diperbolehkan bertanya kepada guru tentang kosakata yang belum dimengerti. Guru berkeliling memantau siswa dan menjawab pertanyaan yang siswa belum mengerti. Tiap kata yang siswa belum mengerti dan ditanyakan kepada guru hendaknya dicatat oleh ketua kelompok di lembar lain.
  • Setelah selesai semua kelompok beserta guru kembali ke kelas.
  • Hasil deskripsi tiap pasangan di bacakan ketua kelompok di depan kelas, sedangkan anggota yang satunya (sekertaris) membacakan daftar kosakata baru yang ditulis di lembar lain.

______________

Oleh : Rudi Cahyono/11.88203.107/PBI C

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s