CICI (Continue It, Complete It)

Langkah-Langkah:

  1. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan salam dan doa.
  2. Guru menyampaikan indikator pembelajaran dan menyampaikan tema materi ajar.
  3. Guru menyajikan materi ajar (Misalnya: macam-macam genre teks dapat berupa Narrative, Descriptive, Recount) sebagaimana biasa dengan penjelasan mendetail
  4. Guru memberikan penjelasan mengenai generic structure, language feature, punctuation, dan ciri-ciri pembeda teks.
  5. Diakhir penjelasan, guru membuka sesi tanya jawab dimana siswa yang belum paham dapat menanyakan kembali.
  6. Sebagai bentuk aplikasi kegiatan, guru memberikan tugas siswa berupa membangun sebuah teks yang belum terdeteksi ciri-cirinya.
  7. Guru memberikan soal membuat teks 1 paragraph. Guru memberikan sebuah kalimat sebagai kalimat awalan pembuka teks.
  8. Setiap siswa wajib menuliskan 1 kata yang mendukung kata sebelumnya atau melengkapinya.
  9. Siswa secara bergilir sampai seluruh siswa dalam satu kelas mendapatkan giliran untuk melengkapi dan melanjutkan.
  10. Setelah satu paragraph dari tulisan siswa terselesaikan, guru memberikan koreksi atas pemilihan kata, penggunaan grammar yang tepat, punctuation, dan lain-lain.
  11. Guru menanyakan kepada siswa tentang teks apakah yang dituliskan di papan tulis tersebut.
  12. Guru memberikan penilaian dan evaluasi kegiatan.
  13. Guru menjelaskan materi lagi dan menyimpulkan.
  14. Pemberian tugas rumah yang berkaitan tentang materi (pembuatan salah satu teks).
  15. Penutup.

 

 

Metode pembelajaran CICI (Continue It, Complete It) diperuntukkan untuk SMP dan SMA untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat memicu siswa untuk aktif, saling kerjasama, membangun kreatifitas, berlatih tentang koherensi, dan pembangunan teks atau wacana dalam Bahasa Inggris dengan benar. Dengan memberikan koreksi di papan tulis, siswa akan paham mana yang kurang benar dari pembentukan teks tersebut. Metode ini dapat diterapkan pada writing skills. Selain itu, metode ini dapat pula diterapkan pada speaking skills.

____________

Oleh: Okta Diyan Safitri

STKIP PGRI PACITAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s