Pembelajaran Unik: Role Play with Card (Bermain Peran dengan Kartu)

Langkah-langkah

  1. Guru menyiapkan macam- macam percakapan yang ada ekspresinya (contohnya ; AA: “ That’s nice shirt… “, CC: “ Thank you..”).
  2. Kemudian sebagian isi percakapan tersebut ditulis pada kertas yang berukuran kecil ( seperti kartu ).
  3. Setelah guru menuliskan percakapan di kartu, lalu tulisan tersebut ditempelkan di papan tulis.
  4. Peserta didik diminta untuk mengambil 2 kartu yang sudah ditempel- tempelkan.
  5. Sebelum pembelajaran role play with card dimulai, guru menjelaskan bagaimana cara kerja metode tersebut.
  6. Setiap kartu yang sudah diambil oleh peserta didik itu, guru meminta untuk masing- masing siswa membaca dan memahami isi percakapan terlebih dahulu.
  7.  Kemudian jika sudah paham isi percakapan tersebut, guru meminta siswa untuk mengekspresikan isi percakapan di depan kelas.
  8. Pengekspresian percakapan harus sesuai dengan kartu yang dimiliki oleh siswa, tidak boleh ditukar dengan teman sebangkunya.
  9. Jadi, di sini siswa dilatih untuk bisa bermain peran dan lebih berekspresif dalam percakapan sehari- hari.

________Nama          : Septiani Wahyu Permatasari

Kelas/Smt   : PBI. C/ V

Nim            : 11.88203.108

 

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pendidikan dengan dosen Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

STKIP PGRI PACITAN

2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s