Map As Drive (Mad)

Teknik pembelajaran ini dinamakan Mad. Dalam metode pembelajaran yang ke dua ini, siswa diajak membuat gambar bercerita seperti peta perjalanan. Bila biasanya siswa disediakan gambar, di sini siswa sendiri yang membuat gambar. Gambar tidak perlu bagus yang terpenting siswa dapat menjelaskan dengan baik apa makna gambar tersebut. Teknik ini dapat digunakan untuk pelajaran speaking. Bentuk waktu yang digunakan menyesuaikan cerita siswa. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Siswa dalam kelas dibagi dalam dua kelompok berdasarkan nomor ganjil genap. Misalnya, siswa nomor ganjil adalah thing kemudian siswa nomor genap adalah nama kota atau nama negara.
  2. Misalnya siswa ganjil memilih sandal, lalu siswa genap memilih misalnya  Padang.
  3. Kemudian siswa ganjil bertemu dengan siswa genap, in pairs, membuat 3 atau 4 kotak gambar bercerita tentang sandal dan Padang, dibuat cerita senyambung mungkin. Misalnya si ganjil pergi ke Padang lalu sandal yang dipakai selen. Lalu cerita tersebut dibuat bentuk gambar kotak-kotak.
  4. Gambar bercerita tersebut digunakan sebagai umpan yang bisa mempermudah kedua siswa dalam menjelaskan di depan kelas.
  5. Sementara satu pasangan selesai menjelaskan, pasangan yang lain silah memberi tanggapan.
  6. Guru memberi motivasi kepada siswa kemudian memberi saran tentang penampilan pasangan di depan kelas.
  7. Penutup.

Oleh:

SANTI IKA RAHAYU_PBI-B

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s