HAQ (How to Ask About Quantity)

Teknik ini harus dipersiapkan jauh hari sebelum hari H. Jadi di pertemuan sebelumnya semua siswa sudah dibagi dalam tiga kelompok besar yang kemudian setiap siswa diwajibkan membawa satu benda, bawa dari rumah boleh, dapat di sekolah boleh. Apa saja sifatnya bebas dan sopan (aqua gelas, penggaris, penghapus, dll, mie kemasan juga boleh). Satu sama lain tidak boleh sama, itulah mengapa dapat dari sekolah juga boleh. Benda-benda ini berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami materi tentang HAQ. Dengan benda-benda ini siswa dapat membedakan bagaimana cara bertanya tentang sesuatu yang dapat dihitung (countable noun) dan tidak (uncountable noun).

  1. Guru memberi kata pengantar untuk memulai diskusi.
  2. Membagi siswa dalam tiga kelompok besar.
  3. Dalam waktu 30 menit, setiap siswa diwajibkan membuat satu pertanyaan yang jawabannya adalah banyak dari, jumlah dari, atau harga dari benda yang dipegang, beserta responnya.
  4. Setiap kelompok saling bekerja sama membantu teman sekelompoknya yang tidak bisa.
  5. Lalu kemudian setiap kelompok menulis daftar pertanyaan yang dibuat kelompoknya, dibuat dua, satu dikumpulkan satu lagi nanti di baca.
  6. Setelah hasil dikumpulkan, guru memanggil kelompok secara bergilir lalu kelompok yang bersangkutan membaca hasilnya.
  7. Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama.
  8. Penutup.

Oleh:

SANTI IKA RAHAYU_PBI-B

STKIP PGRI Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s