Metode Pembelajaran Menyenangkan: “Word-Chain”

Metode pembelajaran ini merupakan metode yang bisa digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris untuk level sekolah menengah pertama.  Seperti namanya, “word-chain”-rantai kata-adalah cara mempelajari bahasa Inggris dalam aspek vocabulary dan pronounciation, dengan cara yang asyik dan santai, karena teknik ini bisa dibilang adalah teknik bermin sambil belajar. Adapun langkah-langkah penerapannya adalah:

  1. Guru mengajak para siswa berdiri dari bangku masing-masing.
  2. Guru lalu menentukan sisi mana ia akan memulai permainan, bisa siswa yang tempat duduknya di ujung kanan belakang, ujung kiri belakang, ujung kanan depan, atau ujung kiri depan.
  3. Guru lalu akan menunjuk empat arah awal permainan tadi secara acak sambil mengucapkan kata pertama dalam bahasa Inggris, misalnya ‘fly’ sambil menyebutkan artinya, yaitu terbang. Misalnya guru menunjuk ujung kanan depan, maka anak yang ditunjuk harus mengucapkan kata dalam bahasa Inggris yang diawali dengan huruf akhir dari kata yang diucapkan guru, yaitu ‘y’. Misalnya siswa akan mengucapkan ‘yellow’ yang  berarti kuning, kemudian dilanjutkan dengan temannya yang selanjutnya, begitu seterusnya sampai seluruh kelas menjawab.
  4. Jika ada siswa yang tidak meneruskan rantai kata ini dengan cepat, yakni dalam waktu tiga atau lima detik, ia dianggap gugur dan dipersilakan duduk, dan dilemparkan ke temannya yang selanjutnya.
  5. Siswa diizinkan membantu menjawab temannya, tapi hanya dengan teman sebangkunya. Jika membantu teman yang bukan teman sebangkunya dia akan dianggap gugur dan harus duduk.
  6. Setelah satu putaran rantai kata selesai, siswa yang tadi gugur maju ke depan kelas untuk memimpin temannya menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris sebagai ‘hukuman’.

___________

Nama : Dhenok Dwi Anugrahwati

NIM : 11.88203.046

PBI-B-Tugas Artikel 2 Manajemen Pendidikan

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s