Metode Pembelajaran Menyenangkan: “Roll up the Role”

Model pembelajaran yang satu ini dapat digunakan untuk jenjang pendidikan SMP maupun SMA. ‘Roll up the Role’ dapat digunakan untuk memaksimalkan belajar-mengajar dalam materi pemahaman teks  bacaan ilmiah atau faktual (reading). Meskipun demikian, hal pertama yang harus dilakukan guru adalah menyiapkan wacana untuk masing-masing tim berpasangan dengan bobot teks yang sesuai dengan level mereka. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Guru membagikan siswa untuk berpasangan.
  2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara mendengar, siswa yan bertugas menyimak harus: menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
  5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.

___________

Nama : Dhenok Dwi Anugrahwati

NIM : 11.88203.046

PBI-B-Tugas Artikel 2 Manajemen Pendidikan

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s