Inovasi Pembelajaran: Who am I

Metode pembelajaran ini cocok untuk mengajar pelajaran Writing terutama materi tentang Descriptif text. Metode ini lebih cocok digunakan untuk siswa menengah ketatas misalnya SMP atau SMA karena metode ini memerlukan pemahaman yang cukup tinggi dan yang sudah memiliki kosakata yangn lumayan banyak. Selain itu metode ini hanya untuk pengembangan materi jadi tidak cocok untuk para pemula.

Pada metode ini seorang guru harus aktif untuk mencari contoh-contoh dari suatu tema. Awalnya peserta didik diberi contoh kemudian memberikan ciri-ciri yang membedakannya dari yang lain dan menuliskannya dalam teks deskripsi. Setelah semua sudah membuat teks deskripsi maka guru memanggil siswa untuk mempresentasikan hasil dari teks deskripsi yang sudah dibuatnya. Sebagai penutup pembelajaran guru menjelaskan tentang konsep dari descriptif teks, apa bagian decriptif teks dan apa saja ciri-cirinya. Peserta didik akan berperan lebih aktif dan mudah untuk memahami materi karena mereka secara umum sudah dapat membuat contoh dari teks deskriptif.

Alat yang perlu disiapkan untuk membuat metode pembelajaran ini hanyalah kertas yang berisi contoh-contoh dari tema. Misalnya dengan tema Binatang kertas berisikan burung hantu, burung merpati, burung dara, ikan  paus, ikan hiu, bintang laut, singa, serigala, gajah, ayam, kucing, dan anjing. Dari contoh-contoh tersebut siswa dengan sendirinya mengelompokkan kedalam jenis-jenis tertentu dan mencari ciri-cirinya.

Langkah-langkah pembelajaran interaktif “Who am I”

  1. Guru memberikan tema pada pembelajaran yang akan dibahas. Misalnya Animals (Nama binatang)
  2. Guru memberikan undian kepada peserta didik yang berisi contoh-contoh dari tema.
  3. Siswa kemudian mencari teman dengan cara menemukan siapa yang mendapatkan contoh yang mirip dengan miliknya.
  4. Setelah mereka berkumpul dengan teman-teman yang sesuai. Satu kelompok mencari ciri-ciri dari contoh yang mereka dapatkan dan mencari alasan mengapa mereka menganggap bahwa contoh yang mereka dapatkan memiliki kesamaan.
  5. Peserta didik membuat teks diskripsi berdasarkan ciri-ciri yang sudah mereka dapatkan.
  6. kelompok yang sudah selesai membuat teks deskripsi mengumpulkan tugasnya.
  7. Setelah semua selesai guru memanggil kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil dari teks yang mereka buat.
  8. Selama satu kelompok presentasi kelompok lain boleh mengajukan pertanyaan berkaitan dengan apa yang mereka jelaskan.
  9. Setelah semua selesai maka guru menjelaskan bagaimana teks deskripsi tersebut.

__________

Oleh:

elly diana_PBI-B

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s