Inovasi Pembelajaran: Which one do you like?

Metode pembelajaran ini cocok untuk mengajarkan speaking dan cocok juga untuk siswa SMP atau SMA, sebagai pengembangan speaking . Metode ini juga dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa inggris pada pemula terutama pada penguasaan kosa kata akan tetapi tidak sampai memuat teks yang kompleks. Karena metode ini setiap siswa dituntut aktif untuk berpendapat dan berfikir kritis. Pada awal pembelajaran guru menawarkan tema-tema yang bisa dipilih oleh peserta didik. Setelah itu guru dan siswa bisa saling berdialog dengan tema tersebut.

Metode ini membuat peserta didik dapat mengemukakan pendapatnya tanpa takut untuk berpendapat.

Langkah langkah dari metode ini antara lain:

  1. Guru menawarka beberapa tema yang akan dibahas.
  2. Guru menanyakan kosakata yang berkaitan dengan tema yang tadi sudah dipilih.
  3. Seorang siswa minimal mengucapkan satu kosa kata yang berbeda dengan teman yang sebelumnya.
  4. Ketika siswa menjawab guru mencatat kosa kata tersebut di papan tulis.
  5. Setelah semua peserta didik menjawab atau mengucapkan kosa kata guru memberi kesempatan pada peserta didiknya siapa yang ini berpendapat lagi.
  6. Kemudian pesertan didik diberi kesempatan untuk membuat  teks yang berisikan kosa kata yang sudah didapatkan sebelumnya.
  7. Peserta didik yang sudah selesai membuat teks mengumpulkan hasilnya.
  8. Guru memanggil siswa untuk mempresentasikan hasil teksnya tanpa membacanya.

__________

Oleh:

elly diana_PBI-B

STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s