Inovasi Pembelajaran: Shake it well

Metode pembelajaran ini bisa digunakan untuk semua mata pelajaran. Selain itu metode ini juga dapat digunakan untuk siswa dari semua level pendidikan SD/SMP/SMA, akan tetapi akan mudah digunakan jika tingkt pemahaman siswa sudah cukup baik. Pada metode digunakan untuk mengukur berapa jauh pemaham siswa terhadap materi yang disajikan. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan materi sesuai dengan tingkat pemahaman mereka masing-masing.

Saat menggunakan metode ini guru yanng tidak berperan aktif hanya sebagai pengawas saja. Tugas guru yang palling penting disini adalah mengevalluasi soal dan jawaban siswanya. Sehingga guru dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa. Alat yang digunakan pada metode ini cukup sederhana yaitu kertas kecil berukuran 4×6 cm yanng masih kosong berjumlah sebanyak siswa yang ada dikelas dan lembar jawaban.

Langkah-langkah:

  1. Guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu.
  2. Guru membagikan kertas kosong berukuran 4×6 cm juga lembar jawaban kepada semua siswa.
  3. Setiap siswa membuat pertanyaan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka pada materi di kertas yang dibagikan.
  4. Siswa membubuhkan nomor dikertas sesuai dengan nomor presensi siswa.
  5. Setelah selesai membuat soal, siswa menulis jawaban di kertas lembar jawaban.
  6. Nomor jawaban ditullis sesuai nomor soal yang dibuat (sesuai nomor presensi).
  7. Siswa menukarkan soalnya secara acak kepada teman yang lain hingga yanng sudah ia kerjakan berjumlah 5 soal.
  8. Pada akhir pembelajaran siswa mengumpulkan soal dan lembar jawaban kebada guru.

__________

Oleh:

elly diana_PBI-B

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s