MONALISA WITH HER HIPPOPOTAMUS

Langkah – Langkah :

  1. Guru mengajak siswa untuk duduk berpasangan  laki laki dan perempuan untuk sementara, jika kurang LK dengan LK / P dengan P juga tidak masalah.
  2. Guru menjelaskan permainannya yaitu menerangkan materi dan nantinya diberi pertanyaan kepada setiap pasangan itu dan jika tidak bisa menjawab maka bisa dibilang , maaf,  Monalisa dan Kuda Nilnya.
  3. Guru menjelaskan materi secara rinci.
  4. Siswa diberi waktu 5 -10 menit untuk berdiskusi tentang materi yang sudah disampaikan tadi.
  5. Guru membuat beberapa soal
  6. Dalam menjawab pertanyaan dituntut untuk cepat menjawab , guru memberi pertanyaan dan setelah itu dihitung mundur dari angka 10
  7. Jika tidak ada respon dan hanya keep smile maka bisa dikatakan bahwa pasangan itu adalah , maaf , Monalisa dan Kuda Nilnya.
  8. Jika semua bisa menjawab maka hitungan mundur dapat dipercepat menjadi 3-5 atau bisa juga dengan mempersulit pertanyaannya.

Metode ini mengajak siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran,  mungkin mereka tidak mau dikatan sebagai  MONALISA yang di cerita terlihat ngeri yang bisa senyum ,menangis , mrenges,tapi saya belum tahu fakta lukisan Monalisa bisa diajak berbicara dan HiPPOPOTAMUS atau Kuda Nil yang terkenal dengan sikapnya yang dingin yaitu tidak ada respon sama sekali. Oleh karena itu jika siswa tidak mau dikataan seperti itu bisa saja mereka lebih meningkatkan belajar dan memperhatikan lebih ketika guru menerangkan materi , menjadikan sebagai pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kecakapan siswa.

 

__________

NAMA : GESAH PRIYATMONO

KELAS : PBI / B

NIM : 11.88203.056

SEMESTER : V / 5

MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

STKIP PGRI PACITAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s