LUCKY MONOPOLY

 

Langkah – Langkah :

  1. Pertama guru / dosen menyiapkan sebuah gambaran di papan tulis yang berupa kotak kotak dan setiap seginya diisi 5-7 kotak atau juga bisa lebih sesuai selera, atau juga bisa dosen mencetak gambar langsung.  Contoh :

Presentation1

  1. Sesuai contoh , kemudian guru membagi dalam satu kelas menjadi 4 kelompok yang sesuai dengan warna biru, ungu, merah dan kuning. TERSERAH SESUAI SELERA.
  2. Menyiapkan alat DADU 1 atau 2 buah dan Kartu untuk kesempatan dan Dana Umum
  3. Keterangan : DANA UMUM dan KESEMPATAN  diisi oleh guru atau dosen sendiri

BEBAS PARKIR tentu saja seperti main monopoli biasanya peserta bebas memilih tempat, PENJARA :  tempat guru memberikan PERTANYAAN MUDAH kepada group yang masuk kesitu, jika bisa menjawab maka bisa keluar.

  1. Setelah membuat kelompok kemudian tiap group itu membuat pertanyaan yang menurutnya PALING SULIT , dibuat sesuai nomor, sesuai mata pelajaran apa yang diajarkan. Tetapi harus sesuai BAB yang telah diajarkan ( oleh karena itu metode ini mungkin pas untuk pertemuan terakhir ).
  2. Cara Main : – Pertanyaan yang habis duluan adalah pemenangnya

–  peserta diberi waktu 2-3 menit untuk berfikir dan 2 menit untuk menjawab pertanyaan

Jika ada group satu  masuk kewilayah group lain contoh biru masuk ke ungu, maka group biru harus menjawab pertanyaan dari group ungu

– Jika BISA menjawab maka grup biru mengurangi  1 soalnya, dan jika TIDAK BISA menjawab nilai untuk grup ungu dan menghilangkan 1 pertanyaananya tadi, akan tetapi jawaban harus diberi tahu terlebih dahulu.

– jika peserta masuk ke soal sendiri maka dianggap mampir saja / HANYA LEWAT.

– Peserta mulai dari start dan berjalan sesuai arah jarum jam , putaran pertama hanya untuk warming up, sama seperti  bermain monopoli biasanya.

Untuk dana umum bebas diisi seperti “ ambil kartu kesempatan”  dll,

Dan kesempatan bisa diisi dengan misal “ kembali ke nomor 2 “ , “ maju sampai start”, mundur 3 langkah “ , “ masuk penjara “ , “pergi ke bebas parkir “ dll. 😀

  1. Aturan lainnya bisa dibuat layaknya permainan monopoli. Tergantung suka suka masing- masing.
  2. Intinya permainan ini adalah siapa yang pertanyaana habis duluan grup itulah pemenangya, oleh karena itu permainan ini juga ada kaitan dengan keberuntungan dadunya, dan menurut saya paling cocok untuk sesi pertemuan terakhir ,karenya untuk mengingat kembali materi materi yang sudah diajarkan
  3.  minggu sebelumya siswa sudah disuruh untuk membuat grup dan ditentukan materi/ BAB yang sudah diajarkan dan soal / pertanyaannya sehingga untuk hari H sudah siap.
  4. Agar siswa lebih tertarik bisa juga dengan diiming imingi bagi pemenang akan di beri nilai ++ , jadi siswa bisa lebih serius.
  5. CATATAN :  diharapkan siswa tidak membuka buku untuk menjawab pertanyaanya (CLOSE BOOK).
  6. Kesimpulan
  7. Mohon maaf jika dalam menjelaskan langkah langkahnya sangat rumit.

Metode ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi yang sudah diajarnya dalam 1 semester, juga untuk mengulas kembali materi materi yang sudah diajarkan dalam 1 semester itu dan juga untuk persiapan dalam menghadapi UAS.

______________

OLeh:

NAMA : GESAH PRIYATMONO

KELAS : PBI / B

NIM : 11.88203.056

SEMESTER : V / 5

MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

STKIP PGRI PACITAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s