Inovasi Pembelajaran: DISCUSSION AND EXPLAINING

Langkah – langkah      :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran / indikator dan menjelaskan materi yang akan dipelajari secara jelas serta memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktifitas pemecahan masalah yang ditentukan melalui eksperimen atau presentasi.
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberi materi pelajaran yang berbeda untuk masing-masing kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa.
  3. Anggota kelompok berdiskusi membahas tentang materi yang menjadi bahan untuk presentasi, siswa bisa mencari sumber atau referensi di buku, internet maupun sumber lainnya.
  4. Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok secara bergantian diwakili oleh seorang anggota kelompok yang bertugas sebagai juru bicara. Selama pembacaan laporan tidak ada sesi tanya jawab.
  5. Guru memberi kertas kecil-kecil yang dibagikan kepada sejumlah siswa yang berisi pertanyaan yang berbeda untuk setiap siswa dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pada selembar kertas dan dikumpulkan.
  6. Guru memberikan evaluasi terhadap hasil kegiatan dan menentukan kesimpulan dari konsep yang benar dari hasil kegiatan tersebut.

___________

Oleh:

Agustina Wulandari_PBI-A

STKIP PGRI Pacitan

METODE PEMBELAJARAN INOVATIF 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s