Inovasi Pembelajaran: DISCUSSION AND EXPLAINING

Langkah – langkah      :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran / indikator dan menjelaskan materi yang akan dipelajari secara jelas serta memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktifitas pemecahan masalah yang ditentukan melalui eksperimen atau presentasi.
  2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberi materi pelajaran yang berbeda untuk masing-masing kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa.
  3. Anggota kelompok berdiskusi membahas tentang materi yang menjadi bahan untuk presentasi, siswa bisa mencari sumber atau referensi di buku, internet maupun sumber lainnya.
  4. Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok secara bergantian diwakili oleh seorang anggota kelompok yang bertugas sebagai juru bicara. Selama pembacaan laporan tidak ada sesi tanya jawab.
  5. Guru memberi kertas kecil-kecil yang dibagikan kepada sejumlah siswa yang berisi pertanyaan yang berbeda untuk setiap siswa dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pada selembar kertas dan dikumpulkan.
  6. Guru memberikan evaluasi terhadap hasil kegiatan dan menentukan kesimpulan dari konsep yang benar dari hasil kegiatan tersebut.

___________

Oleh:

Agustina Wulandari_PBI-A

STKIP PGRI Pacitan

METODE PEMBELAJARAN INOVATIF 1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s