TUNGNAPJIL (berhiTUNG geNAP-ganJIL)

Latar Belakang

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, vocabulary menjadi salah satu sub materi yang sering mendapat sorotan banyak kalangan. Logikanya,semakin banyak seseorang menguasai perbendaharaan kata  bahasa inggris maka artinya dia telah lancar menggunakan bahasa inggris,begitupun sebaliknya. Pembelajaran bahasa inggrispun dapat di integrasikan dengan mata pelajaran matematika,meskipun dalam bentuk hitungan angka sederhana.  Hal ini tidak masalah selama dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar bahasa inggris.

Tujuan

Permainan ini bertujuan membuat siswa bersikap kritis,tekun dan kreatif.

Alat dan Media

Kertas dan bolpoint

Langkah-Langkah:

1. Guru mendesain bangku kelas menjadi letter “U” sehingga posisi guru berdiri berada ditengah-tengah audiens.

2. Siswa berdiri berderet mengikuti alur “U”

3. Siswa mulai berhitung urut 1,2,3,4 dst hingga habis jumlah siswa (sehingga sekilas akan terlihat seperti permainan berhitung genap-ganjil).

1=A        3=C     4=D

2=B         5=E     6=F dst.

Jika jumlah siswa ada 30, karena huruf alfabet hanya sampai 21/ Z, maka siswa yang kebagian setelah huruf Z,langsung menyebutkan alfabet dari A,B,C  dst sampai habis jumlah siswa.

  1. Langkah selanjutnya siswa akan dipanggil secara acak bergantian dipanggil nomor beserta abjadnya.

Siswa yang dipanggil menyebutkan setidaknya  10 kosakata(vocabulary) sesuai abjad yang mereka dapatkan. Misalkan abjad D: dry,drive,drink,delicious,dark,delivery,delight,dates,due,dumb.

________________

Oleh: Wiwid Nurokhimah PBI/V/C (11.88203.117)

STKIP PGRI Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s