BOXKEY EXPLAIN (BOX KEYword EXPLANation)

Latar Belakang

Dewasa ini masih banyak dijumpai kaum guru yang mengajar dengan hanya berkutat pada textbook semata, sehingga lama kelamaan siswa tentu juga akan merasa jenuh dalam proses pembelajaran.

Tujuan

Permainan ini bertujuan merangsang kreatifitas siswa dalam  merangkai dan memadukan kata yang sesuai dalam  paragraf  dengan berbekal satu kosakata yang terdapat dalam gulungan kertas yang terbungkus sedotan limun.

 

Alat dan Media

a)  Boks kecil berukuran 15 x 10 cm.

b) Gulungan kertas berisi ‘keyword’ permainan.

c) Sedotan limun warna Hijau,Kuning,Merah,Biru,Ungu,Putih, Coklat berukuran 5 cm, masing-masing       1 buah

d) Kertas dan bolpoint.

 

Langkah-Langkah:

 

1. Mula-Mula guru membagi siswa menjadi tujuh  kelompok. Pemilihan agar adil dilakukan dengan cara siswa dari depan ke belakang dengan letter “S”  berhitung 1,2,3,4,5 kembali lagi ke 1 dst. Sehingga akan terbentuk tujuh kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah lima orang.

2. Secara bergiliran masing-masing kelompok mengambil satu gulungan kertas yang tersemat dalam sedotan limun. Warna sedotan limun yang mereka ambil itulah yang menentukan nama kelompok mereka. Di dalam gulungan kertas tersebut berisi satu kosakata yang harus mereka jelaskan dengan rangkaian kata-kata mereka sendiri bukan plagiasi.

3. Setelah selesai diskusi dengan kelompoknya(15 menit), hasil diskusi tersebut dipaparkan di depan kelas dengan di selingi sesi tanya jawab dari kelompok lain.

4. Guru menentukan pemenang dari beberapa aspekdiantaranya: Kesesuaian keyword dengan hasil pekerjaan kelompok, Ketepatan Grammar dan tata bahasa, serta ketepatan dalam menjawab pertanyaan dari kelompok lain dalam sesi pemaparan hasil diskusi.

________________

Oleh: Wiwid Nurokhimah PBI/V/C (11.88203.117)

STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s