QUARTET CONTEMPORER

Permainan ini cocok untuk jenjang SD kelas 5-6 . Meskipun sudah mulai ada keseriusan  terhadap pelajaran untuk persiapan ujian, tetapi pembelajaran ini sangat membantu anak supaya tidak bosan dengan pengajaran bahasa inggris  yang begitu-begitu saja. Kemudian permainan ini juga mengacu pada psikologi anak, kejenuhan, dan kecerdasan. Permainan ini hampir sama dengan Quartet tetapi adopsinya dan cara yang disajikan berbeda dengan kreasi yang menarik. Aplikasi ini juga membawa anak akan mengerti dalam pemilahan materi dan pencocokan serta pembelajaran grammar yang berbeda.

KETENTUAN DAN ALAT PERMAINAN:

  1. Kartu permainan @orang membuat 4 kartu dan kartu cadangan
  2. Dimainkan oleh 4 orang pada @kelompok
  3. Kartu berisi specific word and general word sebanyak 4 kata, seperti halnya pada kartu  kuartet yang hanya berubah adalah dalam segi materi dan bentuk gambar.
  4. Tema setiap kelompok terserah

LANGKAH-LANGAH:

  1. Bentuk melingkar @kelompok
  2. Misal dalam 1 kelompok.

* si A ada kartu 2 noun dan gambar yang tepat, 1 adjective, dan 1 adverb

* jika mau menang harus 4 kartunya yang cocok dengan semua dan sesuai specific word dan gambar yang tepat. Jika chair maka gambar kursi, jika beautiful maka gambar orang cantik, etc

* si A boleh menanyakan ke B, C, atau D punya atau tidak kartunya yang berhubungan denganku. Jika tidak ada harus mengambil kartu cadangan yang terletak di tengah.

* kemudian berputar kearah kanan, atau sesuai permintaan.
* lakukan seperti itu sampai anggota kebagian.

* kemudian jika ada salah satu pemain sudah mendapatkan semua kartu dengan kata yang cocok dan gambar yang cocok maka permainan selesai dan dapat dulangi kembali seperti awal.

3. Seperti halnya yang dicontohkan 1 kelompok tadi, lakukan permainan ini sesuai kebutuhan atau kebijakan guru pengampu.

 

________

Oleh: Intan Purwanto

Pendidikan Bahasa Inggris/STKIP PGRI Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s