UJI CAKAP MANDIRI (UCM)

Metode ini adalah metode lama yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian siswa dalam menyerap informasi yang dia terima. Metode ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan daya ingat siswa pada pelajaran yang telah berlalu
  • Melatih ketangkasan siswa dalam menjawab pertanyaan
  • Menumbuhkan jiwa berkompetisi yang sehat di dalam kelas
  • Menumbuhkan jiwa sportif
  • Menumbuhkan kedisiplinan siswa

Langkah – Langkah :

  1. Kegiatan ini dilakukan sebelum pelajaran dimulai setiap harinya.
  2. Kegiatan ini dimulai dengan salah satu siswa maju untuk memimpin jalannya kegiatan yakni bertugas sebagai motor / moderator.
  3. Disini guru hanya sebagai pengamat, penasehat, narasumber dan pengambil nilai, sedangkan seluruh kegiatan dipusatkan pada siswa.
  4. Guru memberikan selembar Uji Cakap Mandiri sesuai jumlah siswa yang ada dalam satu kelas yang berisi pertanyaan tentang materi ajar yang sudah pernah diajarkan kepada moderator untuk ditanyakan secara bergantian kepada seluruh siswa yang ada di kelas.
  5. Masing- masing siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan, disini siswa yang berhak untuk menjawab pertanyaan pertama adalah siswa yang datangnya lebih awal disekolah. Jadi secara otomatis ini akan membuat siswa yang datang terlambat tergerak hatinya untuk datang lebih awal.
  6. Jawaban yang benar nilainya 5 poin, tetapi apabila salah poin dikurangi 3. Jadi siswa secara tidak langsung akan membuka buku pelajaran dirumah maupun sebelum bel berbunyi untuk sekedar me re-view materi yang sudah diberikan, karena jika tidak ini akan berpengaruh dengan poin yang mereka dapatkan. Jika jawaban salah maka moderator berhak memberikan pertanyaan kepada siswa no urut setelahnya.
  7. Setiap poin yang diperoleh siswa akan dicatat oleh guru dan poin- poin ini akan dipertimbangkan dalam lembar nilai akhir siswa serta raport.
  8. Begitu seterusnya sampai selesai.
  9. Diakhir kegiatan guru menyampaikan ulasan tentang materi yang belum terjawab dari masing-masing siswa.
  10. Kegiatan ini secara tidak langsung akan merangsang siswa untuk selalu belajar dan menyempatkan diri untuk sekedar membuka buku sebelum kegiatan dimulai dengan target poin yang dia dapatkan akan lebih banyak.

 

*) Peting Indah Tri Pamukti / 11.88203.101  penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas C Semester 5. Tiga metode pembelajaran ini dibuat guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Manajemen Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s