TEBAK KATA TANYA JAWAB ( TKTJ )

Metode ini melatih konsentrasi dan daya ingat siswa. Dalam metode ini mereka diharuskan menstransferkan apa yang mereka tangkap untuk dibagikan kepada teman lainnya. Setelah itu, mereka di haruskan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah ia terima.

Langkah – langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai kepada peserta didik
  • Guru menyajikan materi seperti biasa
  • Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, Guru membentuk kelompok 4 – 5 siswa
  • Setiap kelompok harus berjajar memanjang dan berdiri searah dengan jarak merenggang
  • Siswa pada urutan pertama menceritakan materi yang ia tangkap berdasarkan penjelasan guru kepada teman pada urutan kedua, begitu seterusnya
  • Teman pada urutan terakhir harus mengulang kalimat yang ia dengar
  • Guru mengevaluasi dan membetulkan jawaban siswa
  • Pada sesi terakhir guru mengadakan tanya jawab, masing – masing kelompok di beri kesempatan untuk menjawab pertanyaan
  • Guru menyimpulkan hasil diskusi

*) Irma Nurfitri Stevania penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas C Semester 5. Tiga metode pembelajaran ini dibuat guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Manajemen Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s