KOMIK BERGAMBAR (KB)

Metode pembelajaran ini saya rancang untuk merefleksi otak siswa sebagai hidangan penutup sebelum pulang sekolah. kegiatan ini sifatnya adalah individual dan saya yakin mampu membuat siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran setiap harinya. Metode ini bertujuan untuk :

  • Membuat siswa senang untuk belajar
  • Mengembangkan kreatifitas siswa
  • Siswa mampu mengulas materi yang telah diajarkan.
  • Membangun jiwa kompetisi dan gengsi dalam menjawab pertanyaan.

Langkah – Langkah :

  1. Sebagai akhir dari pembelajaran, guru bertugas mengevaluasi dan membuat tolak ukur keberhasilan metode yang diajarkannya dengan metode ini.
  2. Kegiatan dimulai dengan memberikan komik bergambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Komik ini berisi tentang materi yang telah dibahas pada hari itu.
  4. Komik ini berbentuk lembaran yang berisi pertanyaan seputar materi yang telah diajarkan dan didiskusikan. Minimal berisi 5 pilihan ganda dan 5 essay, maksimal tergantung kreativitas guru.
  5. Siswa yang lebih dulu selesai mengerjakan komik bergambar untuk segera diberikan guru untuk di koreksi.
  6. Siswa yang mendapatkan Great Score ( benar semua ) maka diperbolehkan untuk pulang terlebih dahulu. ( ini memungkinkan siswa untuk bersaing mengerjakan dengan cepat dan hati – hati ). Karena jika tidak maka knsekwensinya adalah pulang paling akhir. Serta membuat siswa lebih memperhatikan dalam belajar di dalam kelas, karena memperhitungkan nilai yang aan dia dapatkan di ujung pelajaran melalui komik bergambar ini. Karena jika dia tidak memperhatikan ketika dalam pelajaran, maka imbasnya dia tidak bisa mengerjakan komik bergambar dan resikonya adalah dia tidak bisa pulang bersama- sama dengan temannya.
  7. Siswa yang belum mendapatkan nilai yang diharapka, maka mereka masih diberi kesempatan untuk mencobanya lagi sampai berhasil.
  8. Demikian metode Komik Bergambar ini saya buat, semoga dapat diterima. Selamat mencoba.

___________

*) Peting Indah Tri Pamukti / 11.88203.101  penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas C Semester 5. Tiga metode pembelajaran ini dibuat guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Manajemen Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s