FUN GROUP

Metode pembelajaran ini adalah mendorong sesorang untuk berkompetisi melalui Team Work. Metode ini bertujuan untuk :

  • Melatih rasa tenggang rasa antar sesama serta tidak memaksakan kehendak
  • Melatih siswa untuk menghargai pendapat temannya.
  • Melatih bagaimana sesorang berorganisasi yang baik.
  • Melatih seseorang dalam pengembangan materi ajar.
  • Mengajarkan siswa untuk fokus terhadap perintah yang diberikan oleh guru.

Langkah – Langkah :

  1. Kegiatan ini dimulai setelah UJI CAKAP MANDIRI selesai.
  2. Guru menyampaikan beberapa materi ajar baru secara global tanpa mendefinisikan rincian dari materinya.
  3. Setelah guru menyampaikan materi ajar, guru kemudian membentuk Group Discussion menjadi 5-6 group, dimana setiap group beranggotakan 5 orang.
  4. Setelah group terbentuk maka setiap grup wajib menyetorkan nama anggotanya dan memilih ketua sebagai moderator diskusi.
  5. Guru kemudian membuat undian untuk diambil masing- masing perwakilan setiap grup.
  6. Grup yang maju pertama kali adalah grup yang mendapatkan undian terakhir kali.
  7. Kemudian guru mulai memberikan tugas kepada siswa, tugasnya adalah dari materi global yang sudah dipaparkan oleh guru, setiap grup diminta untuk mengembangkan sesuai dengan pengembangan materi ajar masing – masing grup, siswa dibebaskan untuk mencari sebanyak-banyaknya materi beserta contoh untuk nanti dipresentasikan ke depan kelas.
  8. Materi yang dikembangkan bisa berupa gambar, bagan dll tergantung kreativitas siswa.
  9. Disini tugas guru adalah mengamati jalannya diskusi siswa serta berperan sebagai narassumber jika siswa kurang memahami sedikit materi tersebut.
  10. Setelah waktu diskusi yang diberikan selesai, guru memberikan peraturan diskusi.

Peraturannya adalah :

–          Setiap grup bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya. Dengan ctt : setiap anak wajib mempresentasikan satu pengembangan materi, jadi semua anak mempunyai kesempatan untuk berbicara didepan kelas tidak terpaku pada satu anak saja.

–          Setelah semua grup memaparkan hasil diskusi maka di bukalah sesi debat, dimana dari masing- masing grup berhak mengkritisi hasil pengembangan materi dari kelompok lain.

–          Apabila ada salah satu grup yang anggotanya menjawab keluar jalur ( tidak masuk akal ) maka grup lain bisa memberikan punishment / hukuman sesuai kesepakatan grup lain, hukuman bisa dalam bentuk berjoget, menyanyi, dll. Ini diharapkan dalam berdiskusi tidak ada rasa tegang, juga diharapkan siswa agar lebih berhati – hati dalam menjawab pertanyaan ( tidak ngawur ).

–          Diskusi diakhiri dengan evaluasi dari guru serta pemberian apresiasi untuk seluruh grup.

__________

*) Peting Indah Tri Pamukti / 11.88203.101  penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kelas C Semester 5. Tiga metode pembelajaran ini dibuat guna memenuhi sebagian tugas individu pada mata kuliah Manajemen Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s