Exactly guess (Tebakan yang tepat)

Dalam metode yang kedua ini saya buat juga untuk melatih ketrampilan dalam hasil speaking. Karena kita tahu bahwa faktor utama dalam berbahasa inggris adalah kita harus mampu untuk berkomunikasi dengan lancar dan jelas. Game atau metode ini salah satunya adalah berfungsi untuk para siswa agar bisa memberikan sebuah petunjuk kepada temannya, sehingga dalam penerapan di kehidupan nyata jika ada orang asing atau tursit yang kebetulan tersesat,atau mungkin hanya ingin mengetahui budaya kita maka kita dapat dengan jelas memberikan suatu gambaran atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh sang penanya tadi (turist). Dengan melatih cara berfikir spontan dan cara berbicara siswa, dengan menggunakan metode ini maka mereka tidak akan merasa kesulitan untuk memberikan suatu instruksi atau petunjuk. Metode ini juga menerapkan suatu pembelajaran yang berbeda seperti cara pembelajaran yang dilakukan yang telah ada sebelumnya. Diharapkan dengan menggunakan metode ini, para siswa akan lebih bersemangat lagi dan lebih mencintai pelajaran Bahasa Inggris yang sebenarnya pelajaran ini sangat menyenangkan dan menghibur.

 

Langkah-langkah Pembelajaran     :

  1. Guru membagi kelompok di dalam kelas, setiap kelompok beranggota 2 orang.
  2. Setiap kelompok yang beranggota 2 orang tadi, membuat 2 buah tema. Tema bebas bisa nama tempat wiasta, nama benda, nama pahlawan dan sebagainya.
  3. Siswa dalam 1 kelompok tadi (2 orang) menulisnya di kertas kecil dan di gulung.
  4. Setelah itu, siswa memasukkan kertas kecil tersebut ke dalam sebuah wadah yang disediakan guru. (misalnya : jika dalam 1 kelas terdapat murid 30 orang maka akan terkumpul tema 60 tema)
  5. Siswa maju kedepan bersama kelompok masing-masing (2 orang)
  6. Siswa membawa 2 kursi untuk tempat duduk mereka
  7. Guru mengambilkan tema yang akan menjadi game untuk 1 kelompok yang ada didepan.
  8. Guru memberitahukan tema tersebut kepada salah satu anggota kelompok yang terdiri dari 2 orang tadi, serta memberikan clue (petunjuk) atau kata kunci supaya teman dalam kelompoknya tadi bisa menebak apa isi tema tersebut. Misalnya : guru mengambilkan kertas gulungan kecil tadi dengan tema : pantai teleng ria, maka salah satu siswa yang diberitahu isi tema tadi mendiskipsikan seperti apa pantainya, lokasinya, suasananya dan sebagainya yang terpenting jangan memberitahu jawabannya terhadap teman yang satunya.
  9. Sedangkan siswa yang satu mencoba menebak apa tema yang dimaksud sesuai dengan apa yang clue (petunjuk) yang diucapkan temannya tadi.
  10. Kedua siswa yang maju kedepan diberikan waktu kurang lebih 5-10 menit
  11. Setelah berhasil menebak maka bergantian lagi dengan siswa satunya yang sebelumnya tadi memberi clue (petunjuk) atau kata kunci
  12. Setelah kelompok 1 tersebut selesai, maka guru memenggil kelompok selanjutnya untuk melakukan hal yang sama, sampai kelompok terakhir.
  13. Guru memberikan penilaian mencakup benar atau salahnya kalimat yang diucapkan sebagai clue (petunjuk) , serta cepat atau lambatnya siswa dalam menebak.
  14. Guru memberikan tepuk tangan atau pujian kepada para siswa karena telah berhasil melaksanakan metode ini.

_________

Disusun Oleh:

Nama  : RATNA INDRASWARI

Kelas   : PBI / A / V

NIM    : 11.88203.034

STKIP PGRI Pacitan

2 thoughts on “Exactly guess (Tebakan yang tepat)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s