ITS YOUR CHOICE (Itu pilihan kamu)

Metode ini merupakan metode yang jarang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, tapi saya ingin mencoba mengembangkan metode ini supaya menjadi metode yang lebih efektif untuk diterapkan pada pelajaran Bahasa Inggris di SMA (Sekolah Menengah Atas). Untuk melatih cara berbicara / pengucapan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris diperlukan kemampuan berbahasa, percaya diri, cara pengucapan dan aspek-aspek lainnya. Banyak siswa menganggap pembelajaran (Speaking) itu sulit untuk dilakukan, bisa dikarenakan mereka kurang percaya diri atau kemampuan mereka kurang dalam hal speaking. Biasanya dalam pembelajaran bahasa inggris yang telah ada, khususnya speaking, beberapa guru (tidak semua guru) selalu menggunakan metode yang monoton. Biasanya dalam pembelajaran speaking, guru yang lebih aktif berbicara sedangkan siswanya cenderung pasif. Padahal dalam pembelajaran speaking, siswa harusnya dituntut aktif berbicara untuk melatih kemampuan komunikasi berbahasa inggris yang baik dan benar. Semoga saja dengan metode pertama yang saya kembangkan ini, dapat diterapkan pada pembelajaran SMA dan dapat menghasilkan nilai yang memuaskan dan meningkatkan kemampuan pembelajaran speaking pada siswa.

Metode pertama saya ini, sangat menuntut kreatifitas,cara berfikir yang cepat (spontan). Selain itu juga metode ini sangat santai untuk dijalankan, kerena pada prinsipnya jika ada siswa salah dalam pengucapan dalam berbahasa inggris, maka guru akan langsung membenarkan kalimat tersebut tidak langsung malah menyalahkan atau menjudge (menghakimi) siswa. Pembelajaran ini dibuat seenjoy dan sesantai mungkin supaya siswa tidak merasa takut dengan pembelajaran ini sehingga dapat melatih siswa dalam menambah kepercayadirian yang tinggi, pembenaran kosa kata dan cara berfikir yang cepat.

Langkah-langkah Pembelajaran     :

  1. Guru mempersiapkan alat alat dan bahan ajar.
  2. Guru membuat sebuah kertas kecil yang berisi sebuah tema. Misalnya :banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan lain lain. Kata-kata dalam tema tersebut seyogyanya menggunakan bahasa inggris.
  3. Guru menggulung kertas-kertas kecil yang berisikan tema-tema tersebut kedalam sebuah wadah.
  4. Guru memanggil siswa untuk maju ke depan secara individu (boleh berdasarkan absen atau secara acak)
  5. Siswa mengambil salah satu kertas yang digulung tersebut
  6. Guru meyuruh siswa berpura pura atau seakan akan menjadi reporter dengan tema yang sudah diambil tadi. Contohnya : tema yang diambil oleh siswa adalah bencana banjir, maka siswa harus melaporkan kejadian yang biasanya terjadi pada saat bencana banjir di dunia nyata. Untuk masalah lokasi banjir, jumlah korban, bantuan apa saja yang diberikan dan lain-lain siswa dapat mengarangnya secara spontan apa yang ada dalam pikiran mereka.
  7. Guru memperhatikan cara berbicara siswa (benar atau salahnya pengucapan, kurang atau lebihnya kata yang diucapkan dan sebagainya)
  8. Waktu yang diberikan untuk siswa kurang lebih 3-5 menit
  9. Setelah siswa selesai menceritakan tema yang mereka bicarakan, selanjutnya guru memberi sedikit koreksi jika ada yang salah, atau pujian untuk siswa supaya mereka lebih tertarik lagi untuk belajar bahasa inggris
  10. Setelah itu, guru memberi nilai yang ditulis di buku nilai guru.
  11. Hal seperti diatas dilakukan berulang-ulang sampai semua siswa maju kedepan dan melaksanakan tugasnya tersebut sesuai dengan pilihan temanya yang diambil.

___________

Disusun Oleh:

Nama  : RATNA INDRASWARI

Kelas   : PBI / A / V

NIM    : 11.88203.034

STKIP PGRI Pacitan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s