Give your idea (Sumbangkan Idemu)

Metode ke tiga yang saya buat ini adalah untuk pelajaran writing (menulis). Tentunya dalam hal menulis siswa hanya melakukan pekerjaan yang pasif dalam tahap pengerjaanya, hanya duduk sambil menulis diatas kertas. Tapi tidak dalam hal pemikiran, justru dalam writing, pemikiran siswa dituntut lebih keras untuk memikirkan sebuah kalimat yang penting yang nantinya dapat menjadi sebuah karya pemikiran atau akan menjadi ilmu yang bisa dipelajari oleh semua orang. Tetapi jika dilihat dari metode yang lain, writing (menulis) merupakan metode yang mempunyai banyak keuntungan, karena waktu berfikir mereka cenderung lebih banyak dan bisa tenang dalam mengerjakan tugasnya. Sehingga disitulah letak bagaimana siswa bisa memberikan suatu karya, ide atau gagasan meraka tentang suatu hal yang telah di berikan oleh guru sebagai pengajar. Metode ini adalah metode biasa yang telah diajarkan, saya hanya membuat inovasi merubah tema yang tidak biasa.

Jika biasanya guru menyuruh muridnya untuk membuat tema tentang pengalaman pribadi atau tentang emndiskripsikan suatau benda,nah disini saya membuat tema penulisan tentang bagaimana siswa dapat memberikan penyelesaian atau ide terhadap sebuah permasalahan yang ada di dunia ini. Guru juga perlu megetahui apa saja sih yang ada dipikiran siswa misalnya tentang suatu masalah, seberapa besar dampaknya serta apa solusinya. Walaupun yang kita ajar merupakan masih anak SMA yang seharusnya belum bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di bumi, tapi kita juga berhak menghargai tentang pendapat atau pandangan mereka terhadap sebuah masalah. Dengan begitu, akan membuat mereka lebih memahami sebenarnya dunia ini seperti apa. Serta bisa membedakan hal yang baik yang perlu dilakukan atau hal buruk yang seharusnya di tinggalkan. Dalam metode ini selain mengajarkan tentang cara penyelesaian suatu masalah, secara tidak langsung juga mengajarkan tentang bagaimana gambaran atau masalah-masalah yang ada dibumi sehingga membuat siswa-siswi semakin sadar akan kerasnya kehidupan dimasa depan dan mereka bisa berantisipasi sedini mungkin. Dan menuangkan idenya melalui sebuah tulisan. Untuk memberikan apresiasi terhadap siswa, guru juga bisa membuat karangan-karangan sisiwa tersebut menjadi sebuah buku yang nantinya dapat dibaca-baca oleh orang-orang sehingga para pembaca lebih memahami ini lho yang diinginkan oleh anak-anak kita demi kebaikan masa depan atau hanya sekedar ingin tahu.

 

Langkah-langah Pembalajaran       :

  1. Guru memberikan tugas mengarang (menulis) individu kepada para siswa
  2. Tema mengarang yaitu : perubahan, misalnya : siswa dituntut memberikan ide dalam tuliasnya mengenai masalah kemacetan, pemanasan global, nilai-nilai islam yang telah luntur, siswa dituntut memberikan masukan positif demi perubahan yang lebih baik beserta upaya-upaya apa saja yang mestinya dilakukan (dengan menggunakan bahasa inggris)

________

Disusun Oleh:

Nama  : RATNA INDRASWARI

Kelas   : PBI / A / V

NIM    : 11.88203.034

STKIP PGRI Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s