Pengertian Unsur-unsur dan Fungsi Pendidikan

Pendidikan adalah  usaha sadar yang sistematik selalu bertolak dari sejumlah landasan. Didalam pembahasan ini secara tertulis akan menjelaskan tentang unsur pendidikan beserta fungsinya. Di Indonesia terdapat sejumlah unsur pendidikan dan fungsinya yang berguna untuk menopang pendidikan formal.

 

A. Pengertian pendidikan
Pendidikan adalah proses membimbing manusia dari kebodohan menuju kearah  pengetahuan. Proses tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan paksaan, dan latihan. Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa pendidikan itu merupakan proses mengubah keadaan manusia (anak didik) dengan berbagai cara untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dimasa depan masa.
B. Unsur-Unsur Pendidikan

Unsur-unsur pendidikan diantaranya ada dibawah ini:
1.Peserta didik (murid)
2.Pendidik (guru)
3.Interaksi eduktif.
4.Tujuan pendidikan.
5. Materi pendidikan.
6. Alat dan metode pendidikan.
7. Lingkungan pendidikan.

C. Fungsi Pendidikan

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran untuk membimbing manusia agar menjadi manusia yang cerdas. Disamping itu ada factor yang mempengaruhi kegiatan tersebut yaitu tri pusat pendidikan yang diantaranya:

Keluarga

Merupakan pendidikan yang diterima pertama kali sebelum menginjak dunia pendidikan formal. Yang memberikan keyakinan agama, nilai moral, nilai budaya,dan ketrampilan.

Sekolah

Berbeda dengan lingkungan sekolah yang memberikan kurikulum kepada peserta didik sesuai dengan tingkatannya.

Masyarakat

Begitu juga dengan masyarakat yang selalu mempengaruhi perkembangan pola pikir dan tingkah laku anak didik.

 

D. Landasan dan Asas-Asas Pendidikan

Landasan pendidikan yaitu:

Landasan filosofis

Landasan yang berkembang menurut filsafat.

Landasan sosiologis

Landasan yang dipandang sebagai interaksi antar individu.

Landasan kultural

Landasan yang berkaitan dengan manusia yang berhubungan dengan kebudayaan.

Landasan Psikologi

Landasan yang berkaitan dengan kondisi kejiwaan.

Landasan ilmiah dan teknologi

Landasan yang memandang  pendidikan mempengaruhi perkembangan IPTEK.

 

E.Asas-asas pokok pendidikan

v  Asas Tut Wuri Handayani. Asas ini didukung oleh dua semboyan, yaitu:

Ing Ngarsa Sung Tulada

Ing Madya Mangun Karsa

Tut Wuri Handayani

v  Asas belajar sepanjang hayat

v  Asas kemandirian dalam belajar

 

F.Pendidikan Sebagai Sistem

 

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu kebulatan keseluruhan yang terorganisir dan merupakan suatu himpunan yang membentuk keseluruhan yang utuh. Pemecahan masalah pendidikan dapat diselsaikan secara sistematik.

Pemecahan masalah pendidikan secara sistematik dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Cara memandang sistem

Masalah berjenjang

Analisis sitem pendidikan

Saling  hubungan antarkomponen

­Hubungan sitem dengan suprasistem

Keterkaitan antara pengajaran dan pendidikan

Pendidikan prajabatan dan pendidikan dalam jabatan

Pendidikan formal, non-formal, dan informa

      G.Kelembagaan, Program Serta Pengelolaan Pendidikan

v  Kelembagaan Pendidikan

Ditinjau dari segi kelembagaan maka penyelenggaraan pendidikan di indonesia  melalui dua jalur :

1)      Jalur pendidikan Sekolah

2)      Jalur pendidikan luar sekolah

v  Jenis Program Pendidikan

Pendidikan yang termasuk pendidikan sekolah yaitu:

Pendidikan Umum

Pendidikan Kejuruan

Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan  kedinasan

Pendidikan Keagamaan

Pendidikan akademik

Pendidikan Propesional

 

v  Jenjang Pendidikan

Pendidiksn Prasekolah

Pendidikan Dasar

Pendidikan Menegah

Pendidikan Tinggi

 

v  Kurikulum

Untuk mencapai tujuan Pendidikan nasional disusunlah kurikulum yang   memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesesuaian dengan  lingkugan. Menyusun kurikulum perlu memperhatikan dasar dan tujuannya. Pengelolahan pendidikan pada umumnya diserahkan kepada departemen pendidikan. Kesimpulannya adalah bahwa pendidikan mampu mengembangkan potensi dan bertujuan untuk menciptakan manusia yang siap terjun dalam kehidupan manusia.

 

Daftar Pustaka

http//qym7882.blogspot.com

Hartoto.2008(serial online)

 

*ANAS PRAPTINA adalah mahasiswa STKIP PGRI PACITAN program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas A. Makalah ini disusun guna memenuhi sebagai tugas individu pada mata kuliah Ilmu Pengantar Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M,Pd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s