Pengertian dan Unsur-Unsur Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengengmbangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan dll. Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai–nilai yang baik, benar, dan indah dalam kehidupan. Pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberi arah kepada segenap kegiatan  pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam pendidikan. Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna. Komponen dan Saling Hubungan antara Komponen dalam Sistem PendidikanPendidikan sebagai sebuah sistem terdiri dari sejumlah komponen.

.     PENGERTIAN PENDIDIKAN

  1. Pengertian yang lebih jelas mengenai pendidikan, pendidikan nasiona1 dan sistem pendidikan nasiona1 dapat dijumpai dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional. Dalam undang-undang ini    pendidikan    didefinisikan sebagai “Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara” ( Pasal 1, ayat 1 ).

 

  1. Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991)

Pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

 

  1. Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, 1889 – 1959) merumuskan pengertian pendidikan sebagai berikut : “Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya”.

 

FUNGSI PENDIDIKAN

 

  1. Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:
    1. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
    2. Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
    3. Melestarikan kebudayaan.
    4. Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
    5. Fungsi lain dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
      1. Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
      2. Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
      3. Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
      4. Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
      5. Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
        1. Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
        2. Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
        3. Menjamin integrasi sosial.
        4. Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
        5. Sumber inovasi sosial.

 

UNSUR – UNSUR PENDIDIKAN

 

Adapun unsur-unsur pendidikan adalah:

  1. Anak didik : pihak yang menjadi obyek utama pendidikan.
  2. Pendidik : pihak yang menjadi subyek dari pelaksanaan pendidikan.
  3. Materi : bahan atau pengalaman belajar yang disusun menjadi kurikulum.
  4. Alat pendidikan : tindakan yang menjdi kelamgsungan mendidik.
  5. Lingkumgan : keadaan yang berbengaruh terhadap hasil pendidikan.
  6. Dasar dan landasan pendidikan : landasan yang menjadi fundamental dari segala kegiatn pendidikan.

 

PENUTUP

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengengmbangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan dll. Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai–nilai yang baik, benar, dan indah dalam kehidupan. Pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberi arah kepada segenap kegiatan  pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam pendidikan. Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan.

DAFTAR PUSTAKA

http://naazila.blogspot.com/2012/12/artikel-pengertian-dan-unsur-unsur.html

http://carakata.blogspot.com/2012/03/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html

http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pendidikan&action=edit&section=2

 

 

*)Rio Setiyono, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Setudi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia kelas A. Makalah disusunguna guna sebagian tugas individu pada mata kuliah pengantar pendidikan tahu akadmik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s