Penerapan Aliran Naturalisme dalam Pembelajaran

Sistem Pendidikan adalah langkah utama dalam menembuhkan Potensi Manusia agar menjadi Dewasa, Beradab, Normal. Dalam pendidikan beberapa tokoh berkata Sistem Pembelajaran yang bai kdilakukan secara Naturalisme yaitu pemikiranatau system belajar yang benar adalah dengan system alami dari mereka yang masih mengalami masa pembelajaran ,utamanya anak-anak yang masih dalam masa berkembang .Tahap ini adalah teori yang baik dalam proses pembelajaran karena semua hal yang dilakukan oleh peserta didik dilakukan tanpa tekanan, yang tentunya dengan bimbingan seorang pendidk. Jadi peserta dalam berfikirnya dengan teori naturalisme,berfikir secara natural atau alami.

 

KONSEP DASAR

Sistem Pendidikan ini sudah terencana dan di sengaja dalam Program Pemrintahan, yang bertujuan mencerdaskan bangsa ,menjadikan bangsadan membantu mencerdaskan anakbangsa, membangun potensi anak dan membantu perkembang anak anak bangsa agar   bermanfaat didalam masyarakat maupun fungsi bagi diri sendiri sebagai individual yang akan bergabung dan berinteraksi deengan individual yang lainya tentu dengan kemampuan yang berbeda-beda dan pasti membutuhkan, saling melengkapi dengan bidang materi yang diplih sesuai yang diinginkan dan sesuai bidang yang menjadi kemampauan dasar maupun kemampuan setelah jenjang pendidikan selesai.

 

SEJARAH

Teori ini pada akhir abad kedelapan belas dan awal berabad-abad ke sembilan belas, naturalisme dalam pendidikan telah dinyatakan oleh Jean Jacques Rosseau Dan Johann Heinrich Pestalozzi, dalam beberapa sumber mengatakan bahwa paham teori naturalisme ini adalah oleh sebagian orang atau pendapat beberapa orang ,teori naturalisme dalam pendidkan dinyatakan teori pembaharuan dalam pendidikan. seorang bapak dari Amerika yang mempunyai paham Progressivisme , menekankan belajar alamiah di masa anak-anak, dengan metode darmawisata, alamiah yang dipelajari langsung. Pengalaman berhubungan dengan perasaan sebagai basis untuk belajar di masa datang yang berarti bahwa anak-anak  mempunyai pengalaman dengan object di dalam lingkungan. Melalui aktivitas dan kegiatan, mereka diharapkan untuk aktif berhadapan dengan kegiatan tersebut, dan dalam melaksanakan eksperimen sehingga didapatkan kesamaan pemahaman tentang lingkungan tersebut. William Heard Kilpatrick (1871- 1965),

 

ANALIS

Menurut Filosufasal Perancis, 1712-1778 tentang aliran (teori) Naturali sme dalam PendidikanYaitu J.J Rousseau. Rousseau berpendapat dalam bukunya Emile bahwa: “Semua adalah baik pada waktunya datang dari tangan Sang Pencipta, tetapi semua menjadi buruk ditangan manusia”. Maksut dari pendapat J.J Rousseau tadi, yaitu semua anak yang baru lahir di ciptakan dengan pembawaan yang baik, tidak ada satu anakpun yang buruk sikap dan budi, pekertinya saat baru dilahirkan.Namun pembawaan seorang anak yang baik sejak di lahirkan tersebut akan menjadi buruk atau rusak oleh tangan manusia.Dalam arti buruk atau rusak karena system pendidikan yang diberikan kepada anaka tersebut sehingga menjadikan anak dengan pembawaan yang buruk.   Di dalam pendapat J.J Rousseau berisikan kita harus membiarkan anak berkembang dengansen dirinya dalam arti, dalam pemahaman pendidikan kita hanya boleh member pengarahan dan motifasi kedalam anak,  sehingga anak berkembang secara alami sesuai  dengan kemampuan berfikirnya berkembang secara natural (alamiah) tidak ada unsure pemaksaan yang terjadi sehingga tidak menjadikan anak tertekan dan terpaksa sehingga memberikan efek beban yang memungkinkan terjadi hal yang tidak diinginkan (hal-hal buruk yang akan diperbua toleh seorang anak tersebut yang merugikan dirinya sendiri maupun diri orang lain). Kemudian untuk pemaparan yang dimaksud, seorang anak yang baik sejak di lahirkan tersebut akan menjadi buruk atau rusak oleh tangan manusia, yaitu anak akan menjadi buruk pembawaanya karena salah dalam pembibingan atau pengarahan yang dilakukan yang mengakibatkan anak berkembang tidak secara Natural atau secara alamiah tetapi dengan unsur pemaksaan pendidikan yang menjadikan anak tidak bisa berkembang sesuai dengan kemampuan dan bidang sertapotensi yang dimiliki anak tersebut. Dalamteorinya J.J Reosseu ingin menjauhkan anak dari segala keburukan sifat dari masyarakat sekitar yang serba dibuat-buat atau bersifat “artificial” senhingga membiarkan untuk anak kembali kesifat aliminya dalam arti sifat yang menjadi pembawaan dari lahir tanpa ada pengaruh dari lingkungan. Rousseau menginginkan anak didik dapat menjauh dari sifat dibuat-buat (artificial) dan dapat anak kembali ke alam mempertahankan sifat alaminya atau naturalnya seperti apa yang telah diciptakan oleh Sang Pencipta sejak merka lahir.

 

PENUTUP

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan yang berhasil ,yaitu sistem pendidikan yang dijalankan dengan sifat naturalisme atau dengan metode alamiah yang mengutamakan perkenbangan pemikiran seorang siswa terhadap sistem berfikirnya sehingga tidak merusak sistem perkembangan atau masa-masa pertumbuhan pada anak-anak. Sehingga dalam metode ini tidak akan mempengarui sifat buruk yang ditimbulkan dari lingkungan atau masyarakat sekitar .Anak-anak akan bisa tumbuh alami seperti sifat asli pembawaan dari sang pencipta seperti yang dikemukakan oleh J.J

 

DAFTAR PUSTAKA

mahmud.2012. “teori-naturalisme “.Kumpulanmakalah.                                                                      (Online) WWW. mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com (Di akses pada 19 oktober 2013)

 

 

 

*)Sungkono, penulis adalah mahasiswa STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia kelas A. Makalah ini disusun guna memenuhi sebagian tugas Individu pada mata kuliah Ilmu Pengantar Pendidikan tahun akademik 2013/2014 dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.Oleh :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s