Aliran Progressivisme dalam Pendidikan

Progressivisme merupakan suatu paham yang beredar pada sebuah asumsi bahwa manusia itu mempunyai kemampuan yang wajar dan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang mengancam manusia itu sendiri. Progressivisme menolak corak pendidikan yang otoriter yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang. Progressivisme juga tidak lepas dari muatan ilmu pengatahuan.

BAB II
PEMBAHASAN

1. Pengertian Progressivisme
Aliran progressivisme adalah suatu aliran filsafat pendidikan yang berpengaruh dalam dunia pendidikan pada abad ke 20 ini. Pengaruh ini terasa di seluruh dunia, terlebih-lebih di Amerika Serikat. Usaha pembaharuan di dalam lapangan pendidikan pada umumnya terdorong oleh aliran progressivisme ini.
Progressivisme merupakan suatu paham yang beredar pada sebuah asumsi bahwa manusia itu mempunyai kemampuan yang wajar dan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang mengancam manusia itu sendiri. Sejalan dengan itu progressivisme menolak corak pendidikan yang otoriter yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang.
2. Ciri-ciri Progressivisme
Progresivisme mempunyai suatu konsep yang berlandaskan pada pengetahuan serta kepercayaan manusia yang mempunyai kemampuan yang wajar dan dapat menyelesaikan masalah yang bersifatkan menekan ataupun mengancam pada diri manusia itu sendiri. Terdapat beberapa ciri – ciri pada aliaran progresivisme meliputi :
1. Progresivisme kurang menyetujui pendidikan yang berasaskan otoriter. Dengan adanya otoriter dikuwatirkan tujuan akan tercapai dengan kurang baik. Hal ini dikarenakan dalam proses pendidikan kurang adanya rasa menghargai satu dengan yang lain dan sistem pendidikan yang hanya menggunakan satu arah, dengan mengesampingkan aspek – aspek dari luar. Padahal itu merupakan suatu motor pengerak manusia untuk mencapai suatu kemajuan atau progress.
2. Ilmu pengetahuan yang mampu menumbuhkan kemajuan. Ilmu merupakan bagian utama dari kebudayaan. Seperti halnya : Ilmu hayat, Antropologi, Psikologi, dan Ilmu alam. Ilmu pengetahuan merupakan salah satu penyumbang tersebar dalam maju berkembangnya kebudayaan manusia. Ilmu hayat menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk yang berjuang untuk berahan hidup, dengan mengatasi berbagai masalah atau rintangan.
3. Pandangan progresivisme
a. Pandangan mengenai pengetahuan
Bahwa pragmatisme itu sebenarnya adalah teori pengetahuan.
Sifat rasional dari pragmatisme terletak pada pemberian isi dan pengertian-pengertian mengenai suatu proses adanya pengalaman menjadi pengetahuan. Fakta yang masih murni saja(yang belum diolah atau disusun) belum merupakan pengetahuan.
b. Pandangan mengenai nilai
Nilai tidak datang dengan sendirinya, tetapi ada faktor yang merupakan pra syarat. Faktor tersebut adalah suatu asumsi untuk memperoleh sebuah nilai.

c. Pandangan Tentang Belajar
Pandangan progresivme mengenai belajar bertumpu pada pandangan mengenai anak didik sebagai makhluk yang mempunyai kelebihan dibanding makhluk-makhluk lain. Disamping itu menjadi menipisnya dinding pemisah antara sekolah dan masyarakat menjadi landasan pengembangan ide-ide pendidikan progresivisme.
Suasana belajar yang edukatif dapat ditimbulkan baik didalam maupun diluar sekolah asal berkisar pada asas-asas tersebut di atas. Dengan demikian maka pendidikan itu tidak lain adalah hidup itu sendiri.
d. Pandangan Mengenai Kurikulum
Sikap progressivisme, yang memandang segala sesuatu berasaskan fleksibilitas, dinamika dan sifat-sifat lain yang sejenis, tercermin dalam pandangannya mengenai kurikulum sebagai pengalaman yang edukatif, bersifat eksperimental dan adanya rencana dan susunan yang teratur. Landasan pikiran ini akan diuraikan serba singkat.
Yang dimaksud dengan pengalaman yang edukatif adalah pengalaman apa saja yang serasi tujuan menurut prinsip-prinsip yang digariskan dalam pendidikan, yang setiap proses belajar yang ada membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik. 5. Progressivisme Dalam
BAB III
Kesimpulan

Progressivisme adalah suatu aliran atau konsep yang menaruh perhatian yang positif terhadap kemampuan manusia untuk menemukan permasalahan dan mencari alternatif-alternatif pemecahannya. Aliran ini tidak menyetujui adanya otoritas dan membuka diri dengan pengetahuan.Di dalam pendidikan progressivisme juga mengambil peran dalam memajukan pendidikan, karena progressivisme memiliki pandangan-pandangan yang baik di bidang pengetahuan, nilai, belajar maupun kurikulum. Sehingga progressivisme sangat bermanfaat bila di terapkan dalm bidang pendidikan.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://lazuardy-berseri.blogspot.com/2010/12/aliran-progressivisme-dalam-pendidikan.html

http://van88.wordpress.com/aliran-filsafat-pendidikan-progresivisme/

 

Oleh: Wiwin Herawati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s