Ragam/Jenis Penelitian

Pengertian dari penelitian itu adalah suatu usaha untuk mendapat  jawaban dari kebenaran suatu masalah. Sedangkan Ragam/ jenis penelitian itu merupakan metode atau langkah-langkah yang dilakukan dalam suatu penelitian. Ragam/ jenis penelitian dapat digolongkan menjadi beberapa jenis antara lain penelitian ditinjau dari tujuan,  penelitian ditinjau dari pendekatan,  penelitian ditinjau dari bidang ilmu, penelitian ditinjau dari tempat, penelitian ditinjau dari hadirnya variabel.

 

DITINJAU DARI TUJUAN

Ada beberapa metode penelitian ditinjau dari tujuannya antara lain:

  1. Penelitian Dasar / Penelitian Murni

Metode penelitian dasar / penelitian murni bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah atau untuk menemukan bidang penelitian baru tanpa suatu tujuan praktis. Dan hasil penelitian itu tidak langsung digunakan akan tetapi dalam jangka panjang akan digunakan.

Hasil dari penelitian ini merupakan pengetahuan umum dan hukum-hukum, untuk memecahkan masalah-masalah praktis.

  1. Penelitian Terapan

Penelitian terapan merupakan sesuatu yang mempunyai tujuan atau alasan praktis yaitu suatu alasan yang berdasarkan atas keinginan untuk mengetahui sesuatu dengan tujuan agar bisa melakukan sesuatu lebih baik, efektif dan efisien.

Ciri-ciri penelitian terapan:

  1. Penelitian terapan merupakan kegiatan ilmiah untuk menemukan kebenaran yang objektif
  2. Penelitian terapan memerlukan penggunaan metode yang tepat / relevan
  3. Penelitian terapan perlu mempergunakan teori-teori dan pengalaman yang bersifat terpakai
  4. Data yang terkumpul harus lengkap dan objektif
  5. Penelitian terapan tidak hanya menyajikan data, tetapi harus disertai juga dengan pengolahan data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif
  6. Penelitian terapan perlu dilaporkan secara jelas dan sistematis, dengan mengikuti pola berfikir ilmiah yang objektif, rasional dan dapat dipertanggung jawabkan
    1. Penelitian eksploratif

Yaitu penelitian yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk menemukan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa atau menemukan masalah-masalah baru atau hal-hal yang memengarugi terjadinya sesuatu.

  1. Penelitian Pengembangan

Yaitu penelitian yang dilakukan dengan maksud mengadakan percobaan dan penyempurnaan, dan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dan menemukan metode yang sudah ada.

  1. Penelitian Verifikatif

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengecek / mengevaluasi kebenaran penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

 

DITINJAU DARI PENDEKATAN

Ada dua metode dalam penelitian yang ditinjuan dari pendekatannya antara lain:

  1. Pendekatan Longitudinal (Pendekatan Bujur)

Dalam penelitian ini dilakukan terhadap suatu subjek pada waktu yang sama dan dipelajari dalam waktu tertentu. Sehingga objek penelitian dilihat bergerak sejalan dengan waktu (menebak beberapa kali terhadap kasus yang sama).

Kelemahan dari metode ini yaitu:

  1. Menuntut adanya komitment dari individu atau lembanga yang bersedia menyediakan waktu, dana/ uang, dan sunber daya lain dalam beberapa tahun
  2. Jika sampel yang dipilih tidak bagus, maka tidak bisa diperbaiki.
  3. Tidak dapat menambah variabel baru
  4. Sulit mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang sama
  5. Pendekatan cross-sectional (Pendekatan Silang)

Berbeda dengan pendekatan bujur, maka dalam pendekatan ini tidak menggunakan waktu yang sama dan dapat dilakukan pada waktu yang sama dengan subjek yang berbeda (menebak satu kali kasus terhadap satu kasus).

Kelemahan dari metode ini yaitu:

  1. Perbedaan yang ada pada sampel membuat penelitian ini sangat luas
  2. Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan antara populasi yang ditarik sampelnya

 

DITINJAU DARI BIDANG ILMU

Berdasarkan dengan jenis spesialisasi, maka bidang ilmu yang diteliti banyak ragamnya menurut siapa yang mengadakan penelitian. Ragam penelitian ditinjau dari bidang ilmunya, seperti penelitian terhadap pendidikan (lebih sempit lagi pendidikan guru, ekonomi, kesehatan), keteknikan, ruang angkasa, pertanian, kedokteran, keolahragaan, dll. Secara umum penelitian ini dibedakan menjadi:

  1. Penelitian Sosial

Dalam penelitian ini secara khusus meneliti bidang sosial (pendidikan, ekonomi, hukum, dll)

  1. Penelitian Eksata (Ilmu Pasti)

Dalam penelitian ini secara khusus meneliti dibidang ilmu pasti (fisika, kimia, teknik, dll)

 

Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, MM. Menjelaskan ragam/ jenis penelitian ditinjau dari bidang ilmu antara lain:

  1. Penelitian Bisnis

Penelitian Bisnis Penelitian bisnis adalah penelitian yang dilaksanakan dalam bidang bisnis, seperti hal-hal sebagai berikut:

  1. Akunting

Seperti prosedur, praktek dan pengendalian anggaran, metode pembiayaan inventori, depresiasi, transfer pricing dan sebagainya.

  1. Keuangan

Seperti operasi lembaga keuangan, rasio-rasio keuangan, dan sebagainya.

  1. Manajemen

Seperti sikap dan perilaku karyawan, manajemen SDM, manajemen produksi/ operasi, perumusan strategi, system informasi, dan sebagainya.

  1. Pemasaran

Seperti citra produk, periklanan, distribusi, penentuan harga, kemasan, preferensi konsumen, pengembangan produk baru, dan sebagainya.

  1. Penelitian Hukum

Penelitian hukum adalah penelitian yang dilaksanakan dalam bidang hukum, seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tatanegara dan hukum internasional.

  1. Penelitian Komunikasi

Penelitian komunikasi adalah penelitian yang dilaksanakan dalam bidang komunikasi, seperti komunikasi massa, komunikasi bisnis, kehumasan dan periklanan.

  1. Penelitian Pertanian

Penelitian pertanian adalah penelitian yang dilaksanakan dalam bidang pertanian, seperti agribisnis, budidaya tanaman, hama tanaman dan agronomi

  1. Penelitian Ekonomi

Penelitian ekonomi adalah penelitian yang dilaksanakan dalam bidang ekonomi, seperti ekonomi mikro, ekonomi makro dan ekonomi pembangunan (Hasan, 2000: 12-13).

 

DITINJAU DARI TEMPAT

Berdasarkan tempat diadakan penelitian dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain:

  1. Penelitian Laboratorium

Penelitian ini biasa dilakukan ditempat khusus (laboratorium) untuk mengadakan studi ilmiah dan biasanya bersifat eksperimen / percobaan. Tujuan dari penelitian ini untuk ilmu pengetahuan sosial ialah: pengmpulan data, mengadakan analisa dan test, serta meemberi interprestasi terhadap sejumlah data, sehingga orang bisa meramalkan kecenderungan gerak suatu gejala sosial dalam masyarakat.

  1. Penelitian Lapangan

Merupakan penelitian yang dilakukan langsung dilapangan dan dalam kehidupan yang sebenarnya. Misalnya penelitian tentang kehidupan masyarakat desa, remaja-remaja yang kecanduan narkoba/ obat-obatan terlarang dan merupakan metode khusus untuk menemukan apa yang sedang terjadi di masyarakat.

  1. Penelitian Perpustakaan

Dalam penelitian ini mengunakan literatur dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Dan bertujuan untuk data / informasi dengan bantuan buku, naskah, dokumen, dll. Pada dasarnya data yang diperoleh dari penelitian perputakaan dijadikan sebagai dasar/ alat untuk praktik penelitian dilapangan.

 

DITINJAU DARI HADIRNYA VARIABEL

Variabel merupakan hal-hal yang menjadi obyek penelitian yang ditatap dalam suatu kegiatan penelitian, untuk menunjukkan variasi, kuantitatif dan kualitatif.

Contoh:Usia, tingkat kecerdasan, tingkat kedisiplinan, dll, adalah variabel karena antara individu yang satu dengan lain itu terdapat variasi atau perbedaan.

Dalam hal ini ada dua cara penelitian antara lain:

  1. Penelitian Deskriptif

Merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan variabel masa lalau dan masa sekarang (yang sedang terjadi).

  1. Penelitian Eksperimen

Merupakan penelitian yang dilakukan terhadap variabel masa yang akan datang, karena belum terjadi dan sengaja diadakan dalam bentuk perlakuan dalam bentuk eksperimen.

Macam-macam variabel:

  1. Variabel independen

Variabel stimulus, prediktor, atau anteceden, variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).

  1. Variabel dependen

Variabel output, kriteria, konsekuen, variebel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.

 

  1. Variabel moderator

Variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen.

  1. Variabel intervening

Variabel yang secera teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen, menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Variabel penyela sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.

  1. Variabel Kontrol

Variabel yang dikendalikan atau disebut konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Digunakan bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan

 

KESIMPULAN

Ragam/ jenis penelitian merupakan metode atau langkah-langkah yang dilakukan dalam suatu penelitian. Sedangkan ragam/ jenis penelitian ini dapat ditinjau dari beberapa hal antara lain penelitian ditinjau dari tujuannya dalam penelitian ini terdapat lima macam metode penelitian yaitu: penelitian dasar/ murni, penelitian terapan, penelitian eksploratif, penelitian pengembangan, penelitian verifikatif. Penelitian ditinjau dari pendekatan dibedakan menjadi duan yaitu pendekatan bujur dan pendekatan silang. Penelitian ditinjau bidang ilmu dibedakan menjadi dua yaitu penelitian sosial dan penelitian eksata. Penelitian ditinjau dari tempatnya ada tiga metode yaitu penelitian laboratorium, prnelitian lapangan, dan penelitian perpustakaan. Dan penelitian ditinjau dari hadirnya varialbel dalam metode ini ada dua cara penelitian yaitu penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen.

 

 

*) Widya Kusumawati Putri, ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian dengan dosen pembimbing Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s