Membedakan Kuantitatif dan Kualitatif

Banyak sekali bentuk dan cara penulisan karya ilmiah yang kita temui, bentuk dan luasnya bisa berbeda namun jiwa dan penalarannya adalah sama atas dasar itu yang paling penting adalah melandasinya, pemilihan bentuk dan tulisan merupakan masalah selera dan profesi perorangan maupun lembaga, dengan memperhatikan berbagai factor lainnya seperti masalah apa yang dikaji, siapakah pembaca tulisan ini dan dalam rangka kegiatan ilmiah apa yang akan disampaikan.

Berdasarkan pemikiran di atas, maka untuk menyeragamkan tata cara penulisan tersebut maka perlu diterbitkan pedoman penyusunan usulan penelitian maupun skripsi. Berbagai macam definisi penelitian – penelitian dinyatakan oleh banyak penulis secara umum penelitian dapat didefinisikan sebagai kegiatan manusia dalam rangka memperoleh pengetahuan secara sistematik dengan menggunakan alat- alat dan cara tertentu. Suatu penelitian ilmiah dapat menggunakan penelitian kuantitatif maupun kualitatif dalam hal ini pendekatan kuantitatif menggunakan alat uji statistik maupun matematik yang sering disebut sebagai analisis deskriptip kuantitatif, sedangkan pendekatan kualitatif lebih mendasarkan pada penalaran logis, pemahaman interpretasi terhadap obyek penelitian

 

PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Penelitian pada dasarnya merupakan suatu pencarian, menghimpun data, mengadakan pengukuran, analisis, sintesis, membandingkan, mencari hubungan, menafsirkan hal- hal yang bersifat teka- teki. Banyak jenis pencarian yang dapat dilakukan berdasarkan pendekatan.

 

Pengertian penelitian kuantitatif

Metode  kuantitatif  dinamakan  metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positivistic karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/ empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, Karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan menggunakan angka sebagai alat untuk mengukur suatu objek penelitian tertentu, penelitian kuantitatif ini menggunakan pola pikir deduktif yang mempelajari sebuah objek dengan menggunakan konsep- konsep yang lebih khusus / terperinci.

 

Pengertian Penelitian kualitatif

Metode penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode baru karena popularitasnya belum lama, metode ini dinamakan postpositivistik Karena berlandaskan pada filsafat   post positifisme. Metode ini disebut juga sebagai metode artistic, Karena proses penelitian lebih bersifat seni (kurang terpola) , dan disebut metode interpretive karena data hasil peneletian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang di temukan di lapangan. Penelitian kualitatif menggali makna kehidupan berdasarkan perspektif partisipan, yakni berdasarkan proses subjek mengkonstruk atau menyusun makna dan berdasarkan proses mendeskrispsikan makna yang disusun subjek.  Penelitian kualitatif meneliti secara objektif pernyataan subjektif para subjeknya. Tujuan penelitian kualitatif untuk memperoleh pengetahuan yang terungkap dari persepktif dalam para pelakunya, bukan menilai subjek & latarnya dengan kriteria dari luar diri pelaku. Peneliti dipandu dengan catatan lapangan dan refleksi objektif dan subjektif peneliti saat mengumpulkan data. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih bersifat penelitian deskriptif dimana peneliti cenderung menggunakan pendekatan induktif. Penelitian kualitatif ini tidak menggunakan perhitunga dan komputer dalam penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan menyusun asumsi dasar yang nantinya digunakan untuk mengumpulkan dan mengelola data dengan cara sistematis. Namun tetap saja dalam penelitian kualitatif ini data yang dikumpulkan haruslah objektif dan tidak terpengaruh oleh pendapat peneliti sendiri

 

Pengertian menurut beberapa ahli

Menurut Emzir ( 2009 : 28 ) penelitian kuantitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang secara primer menggunakan paradigma post postitivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan seperti pemikiran tentang sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik menggunakan pengukuran dan observasi serta pengujian teori.

Menurut Sugiono ( 2009 : 14 )menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positifisme diginakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu.

Menurut Margono menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang lebih banyak menggunakan logika hipotesis ferifikasi yang dimulai dengan berfikir deduktif untuk meneruskan hipotesis kemudian melakukan pengujian dilapangan dan kesimpulan tersebut ditarik berdasarka data impiris.

Menurut Sugiono menjelaskan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mementingkan adanya variabel- variabel sebagai objek penelitian dan variabel- variabel tersebut tidak harus didefinisikan dalam bentuk operasionalisis variabel masing- masing.

Kirk dan Miller ( 1986 : 9,dalam moleong 2002 : 3 ) penilitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan manusia dan kawasan sendiri.

Menurut David Williams ( 1995, dalam moleong 2005 : 5 ) mendefinisikan bahwa penilitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar ilmiah, dengan menggunakan metode ilmiah dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah.

Menurut Denzin dan Lincoln ( 1987 ) yang menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada.

Menurut Emzir ( 2009 : 28 )  menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci pengambilan sampel.

 

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Perbedaan mendasar dari metode penelitian kualitatif dengan metode penelitian kuantitatif yaitu terletak pada strategi dasar penelitiannya. Penelitian kuantitatif dipandang sebagai sesuatu yang bersifat konfirmasi dan deduktif, sedangkan penelitian kualitatif bersifat eksploratoris dan induktif.  Bersifat konfirmasi disebabkan karena metode penelitian kuantitatif ini bersifat menguji hipotesis dari suatu teori yang telah ada. Penelitian bersifat mengkonfirmasi antara teori dengan kenyataan yang ada dengan mendasarkan pada data ilmiah baik dalam bentuk angka. Penarikan kesimpulan bersifat deduktif yaitu dari sesuatu yang bersifat umum ke sesuatu yang bersifat khusus. Hal ini berangkat dari teori-teori yang membangunnya.

Hamidi menjelaskan setidaknya terdapat 12 perbedaan pendekatan kualitatif dengan kualitatif seperti berikut ini :

  1. Dari segi spesifiknya penelitian kuantitatif lebih menggunakan pendekatan dalam arti bahwa peneliti menyimpulkan data dengan menetapkan terlebih dahulu konsep sebagai variabel- variabel yang berhubungan dri teori yang sudah ada dan dipilih oleh peneliti. Kemudian variabel tersebut dicari ditetapkan indikatot- indikatornya.
  2. Dari konsep atau teori penelitian kuantitatif bertolak dari konsep ( variabel ) yang terdapat dalam teori yang dipilih oleh peneliti kemudian dicari datanya, melalui kuesioner untuk pengukuran variabel- variabelnya, disisi lain penelitian kualitatif berangkat dari cerita rinci / asli mereka, kemudian para responden dan peneliti memberi penafsiran sehingga menciptakan konsep sebagai temuan.
  3. Dari segi hipotesis penelitian kuantitatif merumuskan hipotesis sejak awal, yang berasal dari teori relevan yang telah dipilih, sedangkan peneliyian kualitatif bisa menggunakan hipotesis dan dan bisa tanpa hipotesis. Jika ada maka hipotesis maka hipotesis ditemukan di tengah pengalihan data, kemudian dibuktikan melalui pengumpulan data yang lebih mendalam lagi.
  4. Dari segi tehnik pengumpulan data, penelitian kuantitatif mengutamakan menggunakan kuisioner, sedangkan penelitian kualitatif mengutamakan penggunaan wawancara dan observasi.
  5. Dari segi permasalahan / tujuan penelitian, penelitian kuantitatif mengetahui tingkat pengaruh, kerataan korelasi / asosiasi antar variabel. Sedangkan penelitian kualitatif mengetahui tentang makna ( berupa konsep ) yang ada dibalik cerita dari para responden dan latar sosial yang diteliti.
  6. Dari segi tehnik memperoleh jumlah ( size ) responden ( sampel ) pendekatan kuantitatif ukuran ( besar, jumlah ) sampelnya bersifat repre sentatif ( perwakilan ) dan diperoleh dengan menggunakan rumus, presentase / tabel- populasi- sampel serta telah ditentukan sebelum pengumpulan data. Sedangkan penelitian kualitatif jumlah respondennya diketahui ketika pengumpulan data mengalami kejenuhan.
  7. Dari segi alur pikiran penarikan kesimpulan penelitian kuantitatif berproses secara deduktif yakni dari penetapan variabel ( konsep ) kemudian pengumpulan data dan menyimpulkan, disisi lain penelitian kualitatif berproses secara induktif, yakni prosesnya diawali dari upaya memperoleh data yang detail ( riwayat hidup responden berkenaan dengan topic atau masalah penelitian.
  8. Dari bentuk sajian data, penelitian kuantitatif berupa angka/ tabel,sedangkan kulitatif datanya datanya disajikan dalam bentuk cerita sesuai bahasa dan pandangan responden.
  9. Dari segi deplinsi operasional,penelitian kuantitatif menggunakannya, sedangkan penelitian kualitatif tidak perlu menggunakan,karena tidak akan mengukur vareabel definisi operasinal,berati penelituan telah menggunakan perspsekit etik.bukan emik lagi. Dengan menetapkan definisi operasinonal,berati penelitian telah menetapkan jenis dan jumlah indicator yang telah mebatasi subjek penalitian  menggunakan pendapat pengalaman atau pndapat mereka.
  10. Dari segi analisa data penelitan kuantitatif dilakukan diakhir pengumpulan data dengan menggunakan penghitungan satatistik. Sedangkan penelitian kulitatif analisa data dilakukan sejaka awal turun kelokasi melalui pengumpulan data cara-cara menambah informasi,meriduksi,mengelolakan dan seterusnya sampai akhir member interfrensi.
    1. Dari segi nistrumen ,penelitian kualitatif memiliki instrumen berupa penelitian itu sendiri. Karena penelitian sebagai manusia dapat beradaptasi dengan para kuasioner sedangkan penelitian kulitatif instrument adalah angket atau kuesioner
    2. Dari segi kesimpulan,penelitian kulitatif interpretasi data oleh penelit dari pengecekan dan kesepakatan subjek penelitian,sebab merelakan yang lebih tepat untuk member penjelasan data atau informasi yang telah diungkapkan, disisi lain penelitian. Kuntitatif  sepenuhnya dilakukan oleh penelitian berdasarkan hasil penghitungan atau analisa setatistik.

 

KESIMPULAN

Jenis Metode Penelitian kuantitatif banyak menggunakan hitungan, statistik, dan tabel, dengan kaidah-kaidah tertentu. Biasanya, Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan quesioner. Penelitian kuantitatif sering digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu sosial seperti biologi, fisika, kimia, matematika, sosiologi, jurnalisme, ekonomi, dan lain sebagainya. Metode penelitian ini berbeda dengan metode penelitian kualitatif karena menggunakan hitungan-hitungan, sedangkan metode penelitian kualitatif menggunakan kata-kata atau deskripsi.

Sifat-sifat yang terdapat dalam Penelitian kuantitatif antara lain berisi penghitungan besaran atau jumlah, pengukuran tingkat kejadian, pembuktian sesuatu, prediksi suatu variabel berdasarkan variabel lain, tindakan atau eksperimen, dan pembuktian suatu hipotesa. Penelitian yang digunakan untuk Penelitian Kuantitatif  ini merupakan penelitian yang sistematis terhadap fenomena-fenomena yang terjadi beserta hubungan-hubungannya. Penelitian kuantitatif sendiri bertujuan untuk mengembangkan dan menggunakan teori-teori, model-model matematis, dan hipotesis yang berhubungan dengan fenomena alam. Bagian sentral dari penelitian ini adalah proses pengukurannya karena ini dapat memberikan hubungan yang fundamental antara ekspresi matematis dan pengamatan empiris dari hubungan-hubungan kuantitatif.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, suharsini, 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik , Rineka cipta, Jakarta

Hamidi, 2004. Metode penelitian kualitatif. Aplikasi praktis pembuatan proposal dan laporan   penelitian. UMM press hal 14 – 16, Malang

Sukmadinata, Nana S.  2010  . Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rospakarya, Bandung

Sugiono, 2012, Metode penelitian kuantitatif  kualitatif dan R & D,Alfabeta, Bandung

Yusri abadi, H. M, Materi kuliah penelitian kualitatif

 

 

 

___________

 

Oleh: Windariasih

Ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah metodologi penelitian dengan dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s