Langkah Penelitian

Research atau penelitian merupakan salah satu cara dalam mencari data yang benar dan valid, yang didalamnya terdapat konsep-konsep dasar dan beberapa acuan-acuan untuk melakukan penelitian di lapangan untuk menemukan sebuah kebenaran secara logis. ataupun rasional, yang mana penelitian merupakan  suatu proses ataupun cara untuk mencari kebenaran, melalui analisis fenomena dengan menggunakan alat atau instrumen yang ada untuk mendapatkan sebuah data dari suatu obyek  untuk tujuan tertentu.

Dalam melakukan penelitian atau research, setidaknya harus mengetahui syarat-syarat penelitian juga langkah-langkah penelitian agar penelitian berjalan lancar dan memiliki hasil sesuai dengan kebutuhan,sehingga obyek dan data dari penelitian dapat diterima masyarakat luas dan dapat digunakan di lingkungan masyarakat. Dimana perlu kita ketahui bahwa kita hidup bermasyarakat dan hidup dengan dua kebenaran yakni kebenaran SAINS dan MISTIK.Maka dari itu kitaperlu mengadakan penelitian atau research sesuai dengan prosedur dan syarat-syarat yang ada.Agar obyek ataupun data dapat di terima di lingkungan masyarakat.

 

PERSYARATAN PENELITIAN

Tanpa adanya penelitian ,Ilmu pengetahuan tidak akan ada kemajuan .padahal pengetahuan merupakan dasar dari semua tindakan dan usaha .

Menurut Prof.Dr.Suharsimi Arikunto ( 2010 : 59), Ada tiga persyaratan penting dalam mengadakan kegiatan penelitian yaitu ;

a)                                                                                               Sistematis                      : Di laksanakan dari yang paling sederhana  sampai  kompleks hingga   tercapai tujuan secara efektif dan efisien

b)                                                                                                     Berencana.          :Dilaksanakan dengan menggunakan unsur dan         langkah-langkah pelaksanaannya .

c)                                                                                               Mengikuti konsep ilmiah            :Mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah di tentukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan .

Untuk dapat menghasilkan data  dan obyek tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan dilakukan pengujian keefektifan data dan obyek tersebut agar dapat berfungsi di masyarakat luas dan dapat di terima di kalangan  masyarakat secara logis,rasional,dan sesuai dengan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat .

Menurut Sujadi (2003:164) Penelitian atau Research adalah  suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu obyek baru, atau menyempurnakan obyek yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. obyek tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware),  tetapi bisa juga perangkat lunak (software), seperti program komputer untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, model-model pendidikan, pembelajaran, pelatihan, bimbingan, evaluasi, manajemen.

Menurut Sugiyono (2011:407) Metode penelitian adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan pemahaman,obyek tertentu, dan menguji keefektifan dari obyek tersebut.Menurut Sugiyono (2011:408) langkah-langkah pelaksanaan strategi penelitian atau research yang dilakukan untuk menghasilkan data dalam obyek tertentu serta untuk menguji keefektifan dan kebenaran data yang dimaksud, adalah yakni :

 

 

 

  1. 1.      Potensi dan masalah

Penelitian ini dapat berangkat dari adanya potensi  atau masalah. Potensi adalah segala sesuatu yang bila didayagunakan akan memiliki suatu nilai tambah pada obyek yang diteliti. Pemberdayaan akan berakibat pada peningkatan mutu dari obyek  yang diteliti. Masalah juga bisa dijadikan sebagai potensi, apabila kita dapat mendayagunakannya. Sebagai contoh sampah yang mana dapat dijadikan barang  mewah jika kita dapat merubahnya sebagai sesuatu yang lebih bermanfaat. Masalah akan terjadi jika terdapat penyimpangan antara yang diharapkan dengan yang terjadi. Masalah ini dapat diatasi melalui penelitian atau reseach dengan cara meneliti sehingga dapat ditemukan suatu obyek atau opini baru,sesuai dengan sistem penanganan efektif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  1. 2.      Mengumpulkan Informasi dan Studi Literatur

Setelah potensi dan masalah dapat ditunjukan secara faktual, maka selanjutnya perlu dikumpulkan berbagai informasi dan studi literatur yang dapat digunakan sebagai bahan untuk perencanaan obyek atau data tertentu yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.Studi ini ditujukan untuk menemukan konsep-­konsep atau landasan-landasan teoretis yang memperkuat suatu obyek. Produk pendidikan, terutama produk yang berbentuk model, program, sistem, pendekatan, software dan sejenisnya memiliki dasar-dasar konsep atau teori tertentu. Untuk menggali konsep-konsep atau teori-teori yang mendukung suatu obyek perlu dilakukan kajian literatur secara intensif. Melalui studi literatur juga dikaji ruang lingkup suatu obyek atau data, keluasan penggunaan, kondisi-kondisi pendukung agar obyek ataupun data yang  ada dapat digunakan secara optimal, serta keunggulan dan keterbatasannya. Studi literatur juga diperlukan untuk mengetahui langkah-langkah yang paling tepat dalam pengembangan obyek dan data tersebut.

 

  1. 3.      Desain Obyek

Obyek yang dihasilkan dalam penelitian bermacam-macam yang dapat di manfaaatkan dalam kehidupan sehari-hari.untuk menghasilkan sistem kerja baru maka peneliti harus merancang obyek yang akan di teliti.sehingga dapat di temukan kelemahan-kelemahan terhadap hasil penelitian yang lama.

 

  1. 4.       Validasi obyek

Merupakan proses kegiatan untuk menilai apakah obyek,hasilnya rasional dan akan lebih efekktif dari hasil penelitian yang lama.

 

  1. 5.      Perbaikan obyek

Setelah obyek di validasi melalui diskusi,maka hasi penelitian tersebut dapan di ketahui segi kelemahannya. Dan selanjutnya di coba untuk memperbaiki sehingga dapat di terap di lingkungan sosial dan di terima di masyarakat luas.

 

  1. 6.      Uji coba

Hasil penelitian tidak langsung bisa di gunakan di karenakan perlu adanya uji coba terlebih dahulu.setelah melalui uji coba dan di nyatakan lulus uji hasil penelitian baru dapat di gunakan di masyarakat luas.

 

 

 

 

LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN

Sejak pelajar tingkat SD sampai dengan mahasiswa sebenarnya selalu tidak lepas dari pembelajaran penelitian ,yang mana penelitian tersebut selalu diawali dari yang paling sederhana dengan bimbingan dan panduan guru pembimbing.misalnya dengan meneliti proses Metamorfosis Kupu-Kupu.yang mana dengan mudah dapat diamati.Dilihat dari kedalaman ataupun luasnya Penelitian namun secara garis besar persyaratan dan langkah-langkahnya sama .

Menurut Prof.Dr.Suharsimi Arikunto (2010 : 60),menyebutkan langkah-langkah penelitian sebagai berikut :

a)      Memilih masalah

Setiap orang selalu memiliki masalah,besar maupun kecil,sedikit ataupun banyak.memilih masalah bukanlah sebuah persoalan yang mudah terutama bagi seseorang yang belum banyak pengalaman dalam melakukan penelitian.ada masalah yang tidak dapat di pecahkan melalui penelitian karena kurang lengkapnya sebuah data atau instrume, akan tetapi banyak sekali masalah yang dapat di selesaikan dengan penelitian karena banyaknya data pendukung.

b)      Studi pendahuluan

Walaupun masalah sudah ditemukan untuk dapat di teliti ,peneliti perlu mengadakan suatu studi pendahuluan.dengan menjajagi kemungkinan di teruskannya penelitian. Prof.Dr.Wiranto Surachman (1972 : 97),mengemukakan bahwa Studi Pendahuluan di gunakan untuk mencari informasi yang di perlukan untuk peneliti agar masalah menjadi lebih jelas kedudukannya.

c)      Merumuskan masalah

Apabila telah diperoleh informasi yang cukup dari studi pendahuluan , maka masalah yang akan di teliti lebih jelas. Agar peneliti dapat dilaksanakan dengan baik, maka peneliti harus merumuskan masalah sehingga jelas dari mana harus dimulai dan bagaimana menyelesaikan.

d)     Merumuskan anggapan dasar

Anggapan dasar adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat penelitian,

e)      Merumuskan hipotesis

Jika anggapan dasar merupakan dasar pikiran yang memungkinkan kita mengadakan penelitian tentang permasalahan maka hipotesis meerupakan kebenaran sementara yang di tentukan oleh peneliti, dan masih perlu di uji kebenarannya. Hipotesis merupakan sesuatu dimana penelitian diarah pandangkan ke obyek yang di teliti.

f)       Memilih pendekatan

Penentuan pendekatan ini akan sangat menentukan variabel atau obyek penelitian yang akan dijalani dan juga menentukan subyek penelitian untuk memperoleh data.

g)      Menentukan variabel dan sumber data

Menentukan variabel dan sumber data di lakukan dengan cara mengidentifikasi secara jelas obyek yang akan di teliti

h)      Menentukan dan menyusun instrumen

Setelah peneliti mengetahui dengan pasti yang akan diteliti, maka langkah yang segera di ambil adalah dengan apa data akan dikumpulkan.

i)        Mengumpulkan data

Apabila peneliti sudah menentukan data yang akan dikumpulkan ,darimana data tersebut diperoleh, dan dengan cara apa ,maka mengumpulkan data adalah pekerjaan yang sangat sukar,karena apabila diperoleh data yang salah, maka hasil penelitiannya menjadi palsu.

j)        Analisis data

Menganalisis data tidak seberat mengumpulkan data,baik  tenaga maupun pertanggungjawaban. Akan tetapi menganalisis data membutuhkan ketekunan dan pengertian terhadap jenis data.

k)      Menarik kesimpulan

Menarik kesimpulan merupakan langkah akhir dari sebuah penelitian, Dan peneliti tinggal mengambil hasilnya dari pengolahan data. Satu hal yang harus dimiliki oleh peneliti yaitu sifat JUJUR. Dalam menarik kesimpulan tidak boleh mendorong atau mengarahkan agar hipotesisnya terbukti.

l)        Menulis laporan

Menulis laporan merupakan hasil dari kegiatan penelitian yang di susun, di tulis,dalam bentuk laporan.serta prosedurnyapun di ketahui orang lain.sahingga dapat mengecek kebenarannya dari penelitian tersebut.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

William, David C,Naturalistic Inquiry Materials ,FPS-IKIP , Bandung , 1988

Esterberg , Kristin G,Qualitatif methods in social Research, Mc Graw Hill, New York, 2002

Sugiyono , Metode Penelitian, Alfabeta ,2011

 

 

 

______________

 

Oleh: Elfiana Trisnawati

(disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian, dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s