Langkah-Langkah Penelitian

Penelitian merupakan suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang berawal adanya permasalahan yang akan dicari jawabannya. Dalam penelitian langkah kerja sangat penting agar hasil dan laporannya dapat dipertanggung jawabkan. Dengan adanya langkah kerja maka penelitian akan dapat dilaksanakan tepat dalam arah menuju tujuan yang ditentukan untuk mencapai tujuan penelitian, dalam makalah ini akan dibahas mengenai langkah – langkah penelitian secara ringkas sehingga mudah dipahami.

 

PERSYARATAN PENELITIAN

Penelitian dikatakan ilmiah jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Mengikuti konsep ilmiah, yaitu menggunakan cara – cara ilmiah, berdasarkan fakta, menggunakan analisis, menggunakan hipotesis menggunakan ukuran yang objektif dan menggunakan teknik kuantifikasi.
  2. Sistematik, yaitu dilaksanakan menurut urutan tertentu.
  3. Terencana, yaitu dilakukan secara sengaja dan bukan secara kebetulan.

Beberapa syarat lain yang merupakan tolak ukur penelitian dikatakan baik antara  lain :

  1. Mempunyai tujuan yang jelas.
  2. Dilakukan dengan hati – hati, cermat, teliti.
  3. Dapat diuji.
  4. Dapat diulang oleh penelitian lain.
  5. Penelitian memiliki ketepatan dan keyakina.
  6. bersifat objektif.
  7. Berlaku untuk umum.
  8. Bersifat hemat.
  9. Ungkapan atau kata harus selalu sama untuk ungkapan yang memiliki arti sama.
  10. Antara sama bagian dengan bagian lain saling berkaitan.

 

TAHAPAN DALAM PENELITIAN

Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian yang dapat menunjang pelaksanaan penelitian agar memperoleh hasil yang maksimal. Berikut tahapan – tahapannya :

1.1.       Identifikasi Permasalahan

setelah peneliti memperoleh dan menetukan topic penelitian, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi permasalahan yang akan dipelajari. Maksud identifikasi adalah sebagai penegasan batas – batas permasalahan, agar pembahsan penelitian tidak keluar dari tujuannya. Dalam identifikasi permasalah ada dua langkah poko yaitu

1.1.1.           Penguraian Latar Belakan Permasalahn

Tujuannya adalah untuk menjelaskan latar belakang mengapa sesuatu dianggap sebagai permasalahan. Penguraian masalah berangkat dari latar belakang yang bersifat umum, yaitu berada dalam kerangka pemikiran yang luas menuju permasalahan yang spesifik dan berpusat pada pokok permasalahan.

1.1.2.           Perumusan Permasalahan

Yaitu rumusan dalam bentuk kalimat – kalimat Tanya yang akan dicari jawabannya oleh peneliti berawal dari pokok permasalahn yang akan diteliti.

Ciri – ciri perumusan permasalahan :

  • Menanyakan mengenai hubungan antar 2 variabel.
  • Dinyatakam dengan jelas dalam bentuk kalimat Tanya.
  • Data yang digunakan untuk menjawab harus ada.
  • Tidak boleh berisi pertanyaan mengenai moral dan etika.

1.2.       Menyusun Landasan Teori dan Merumuskan Hipotesis

Meskipun dugaan peneliti dapat menjadi titik tolak dalam menelaah teori dan prediksi, namun hipotesis tidak dirumuskan sekedar mengikuti dugaan peneliti. Pada penelitian terdapat dua jalur menuju hipotesis. Jalur pertama adalah membaca dan meriview teori dna konsep yang relevan dengan pemasalahan penelitian. peneliti harus harus selalu bersikap terbuka terhadap fakta dan kesimpulan yang memperkuat maupun yang bertentangan dalam prediksi.

dengan begitu barulah hipotesis dapat dirumuskan sesuai dengan dasar teori dan kenyataan hasil penelitian.

1.3.       Menentukan Variabel Penelitian

Identifikasi variable adalah pernyataan mengenai apa dan begaimana fungsi masing – masing variable yang diperhatikan. setiap variable yang telah diidentifikasikan perlu dilakukan perumusan definisi variable. Perumusan tersebut artinya menerjenahkan konsep mengenai variable kedalam bentuk indicator.

1.4.       Memilih Intrumen Penelitian

Instrumen penelitian berperan penting dalam memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya. Bentuk intrumen penelitian antara lainwawancara, angket, Tes, dan lain – lain. Apapun bentuk instrument yang digunakan, masalah ketepatan tujuan dan penggunaan instrument dan kepercayaan hasil ukurnya merupakan hal penting yang harus diperhatika.

1.5.       Menentukan Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah sumber utam data penelitian, yaitu data variable yang diteliti. Subjek penelitian pada dasarnya adalah yang menjadi objek kesimpulan hasil penelitian. Jika subjek penelitian terbatas maka subjek dapat diteliti secara langsung, sebaliknya jika subjek penelitian sangat banyak maka dapat dilakukan study sampel.

1.6.       Mengumpulkan Data

Pengumpulan data dilakukan melalui instrument pengumpulan data, observasi, maupun melalui dokemntasi. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari sumber langsung berupa interview atau observasi. Dta sekunder diperoleh dari sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip – arsip resmi.

1.7.       Mengolah Data

Kegiatan mengolah data bertujuan untuk memperoleh kesimpulan hasil analisis. Hasil analisis data yang menjadi dasar penolakan atau penerimaan hipotesis dan harus dibaha dalam pemecahan masalah. Apakah hasil analisi data menyimpulkan bahwa hipotesis harus diterima atau ditolak, diskusi tentang hal tersebut akan menentukan bobot penelitian yang dilakukan. Untuk mempermudah dan mempercepat proses maka pengolahan data dapat dilakukan dengan menggunakan komputer.

1.8.       Menulis Laporan Hasil Penelitian

Langkah terakhir dalam penelitian adalah laporan hasil penelitian. Penelitian yang tidak disebar luaskan akan kurang bermafaat dan tidak memiliki nilai praktis yang tinggi. Jadi menulis laporan hasil penilitian merupakan kewajiban seorang peneliti yang dapat dipertanggung jawabkan. Format laporan dapat berbeda – beda namun isi laporan harus tetap sesuai dengan temuan peneliti.

 

 

______________

 

Oleh: Heru Hermawan

(Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian dosen pengampu Afid Burhanuddin, M.Pd.)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s