Filsafat Michel Foucault

Teknologi yang kita nikmati sekarang merupakan hasil peradaban manusia. Teknologi merupakan hasil dari suatu proses panjang dari pemikiran para filsuf yang ahli dibidangnya yang dikembangkan oleh para ilmuwan. Selain dalam bidang teknologi muncul pula sisi lain yaitu, etika,bahasa, sosiologi, dan teologi.

Seperti halnya ilmu-ilmu atau pun teori-teori yang lain, filsafat pun juga mempunyai tokoh-tokoh yang mengungkapkan pemikirannya tentang konsep filsafat itu sendiri yang disebut filsuf. Ada  banyak tokoh yang mengungkapkan pemikiran konsep filsafat dengan berbagai perbedaan, waktu atau zaman dan perbedaan pemikiran. Muncul dan saling berinteraksi bahkan saling bersaing. Filsafat Barat menghasilkan peradaban Barat dan filsafat Timur menghasilkan peradaban Timur.

Namun demikian, tanpa kita sadari filsafat Barat masuk ke dalam masyarakat kita dan menghasilkan peradaban seperti yang kita rasakan sekarang ini. Untuk itu, kita harus pandai-pandai dalam menyaring apapun yang akan masuk kedalam masyarakat kita. Agar norma-norma yang kita miliki tetap terjaga dan budaya ketimuran tetap menjadi ciri khas  dari masyarakat kita.

Seperti yang telah kita ketahui pemikiran tentang filsafat lahir di Yunani maka pembagian tokoh berawal dari Yunani kuno, abad pertengahan, Renaissance, abad modern, dan abad post modern. Dari pembagian zaman tersebut terdapat banyak filsuf yang menyampaikan pemikiran mereka.

Dengan adanya banyak filsuf maka terdapat keanekaragaman pula tentang pemikiran diantara mereka. Terdapat perbedaan dan saling pengaruh serta mempengaruhi antara pemikiran mereka. Saling mengemukakan pendapat tentang pemikiran-pemikiran yang mereka anggap benar bahkan terdapat pula persaingan. Namun, ini semua bertujuan untuk saling melengkapi.

Dari lima pembagian waktu atau zaman kapan mereka memunculkan pemikiran mereka, salah satu filsuf pada kategori post-modern adalah Michel Foucault (1926-1984) yang akan dibahas dalam makalah ini.

 

 

BIOGRAFI TOKOH

 

Michel Foucault merupakan tokoh filsafat Barat pada abad ke-20. Foucault lahir pada tanggal 15 Oktober 1926 di Poitiers adalah seorang filsuf Perancis, sejarahwan, intelektual, kritikus dan sosiolog. Foucault lahir dengan nama Paul-Michel Foucault. Pada tahun 1936 Foucault mendaftar di Lycee Henry-IV di Pitiers, kemudian pada tahun 1940 mendaftar pada sekolah Yesuit kedua di Kolese St. Stanislas. Foucault mempersiapkan ujian untuk masuk Ecole Normale Superiure dan pada tahun 1945 diakui untuk Ecole Normale Superiure, dimana dia menerima lisensi filsafat (1948), lisensi filsafat (1949), dan agragasi filsafat (1952).

Pada tahun 1952 pula Foucault bekerja di Faculte des Lettres, Universitas di Lille dan menerima Diploma Psiko-Patologi dari Insitut Psikologi di Paris. Foucault mengajar di Universitas Uppsala, Swedia pada tahun 1955-1958. Kemudian menjadi Direktur dari Pusat Universitas Warsaw di Perancis 1959, pernah mengajar pula di Universitas Clermont-Ferrand dalam  bidang Psikologi pada tahun 1960. Pada tahun 1961 menerima gelar doktor dengan karya “Histoire de la foli a l’age classique” dan “Antropologie in pragmatischer Hinsicht”.

Tahun 1962 menjadi profesor filsafat di Universitas Clermont-Ferand. Foucault mengunjungi profesor di Universitas Tunisia pada tahun 1966, terpilih sebagai profesor di Universitas Paris, di Nattere  tahun 1967, namun kembali ke Tunisia saat menteri pendidikan menunda ratigikasi. Tahun 1968 menjadi pimpinan di departemen filsafat pada eksperimen baru di Vincennes.

Foucault terpilih di Kolese Perancis dengan karya “Sejarah dari Sistem Pemikiran” pada tahun 1969. Dan menghadiri pelajaran pertamanya di Jepang dan Amerika tahun 1970. Tahun 1971 mendirikan organisasi yang mengkritik kondisi penjara di Perancis “the Groupe d’information sur les Prison”. Tahun 1972 mengunjungi penjara di Attica, New York. Kembali mengajar pada tahun 1973 di New york, Montreal dan Rio de Janerio.

Tahun 1975 Foucault mengikuti protes untuk malawan eksekusi Franco terhadap Militansi. Tahun 1976 Foucault mengunjungi Brazil dan california, tahun 1981 aktif dalam melawan gerakan komunis di pamerintahan Polandia dan mendukung solidaritas melalui protes. Mengajar di Universitas California da Berkeley dan berkunjung kesana setiap tahun.

Sayangnya filsuf ini hanya berumur 57 tahun, pada tanggal 25 Juni 1984 Foucault menghembuskan nafasnya untuk yang terakhir. Itulah sejarah singkat kehidupan Foucault

 

 

PEMIKIRAN TOKOH

 

Foucault merupakan filsuf abad ke 20 yang mengusung aliran filsafat koninental, posstukturalisme, dan analisis diskursus. Foucault dianggap sebagai pendiri tradisi filsafat baru di Prancis yang dimasukan dalam kategori post-modernisasi. Penekanan Foucault terletak pada filsafat sebagai subjek dari lingkunngan sekitarnya. Secara historis, dengan munculnya era linguistik dengan filsafat yang memberi penekanan pada arti atau makna sebuah konsep daripada pengaruh konsep terhadap dunia, perhatian Foucault terhadap filsafat saat itu ditekankan pada konteks kesejarahan.  Karya Foucault yang terkenal adalah Madness and Civilization, Discipline and Punish:The Birt of the Prison, dan The History of Seuality.

Tema besar yang diusung Foucault menjelaskan tentang hubungan antara kekuasaan dan ilmu pengetahuan, khususnya bagaimana kekuasaan mengontrol dan mendefinisikan ilmu pengetahuan. Foucault mengemukakan bahwa suatu pernyataan sebagai “pengetahuan ilmiah” yang dibuat penguasa hanyalah alat manipulasi untuk mengontrol masyarakat sosial.

Istilah kegilaan (madness) yang digunakan para penguasa pada abad ke-18 tidak hanya untuk menunjukkan sebuah kelompok masyarakat yang secara mental sakit medis, tetapi juga kaum miskin, gelandangan dan semua kelompok masyarakat yang memiliki karakte tidak diterima. Bukannya memberi solusi secara medis pada penyakit gila,”kegilaan” justru menjadi antitesis”kenormalan” dan dijadikan sebagai pengontrol masyarakat.

Tema Foucault juga meliputi ilmu pengetahuan yang dirampas penguasa demi kepentingan kekuasaan dengan mencatat sejarah hadirnya penjara sebagai pengganti hukuman didepan publik. Konsep hukuman penjara dianggap sebagai tindakan dehumanisasi(menghilangkan kemanusiaan) yang lebih menakutkan dari pada eksekusi hukuman mati.

Pemikiran Foucault dipengaruhi Nietzsche, dia adalah seseorang yang orisinal. Foucault pun harus orisinal dengan pandangan pribadinya. Bahkan tidak jarang dia juga tak sependapat dengan Nietzsche. Terdapat perbedaan dalam teori Genealogi Foucault. Bahasa bagi Foucault tidak bisa dikurng dalam “apa yang ditulis” dan “apa yang menjadi tafsirnya”, keduanya saling terjalin tanpa pemisah. Salah satu dari pemikirannya tentang subjek dan objek, bahwa bahasa yang ditulis dan menjadi tafsirnya tidak bisa dipisahkan dalam subjek dan objek.

Karya Foucault memfokuskan pada mekanisme ilmu-ilmu sosial, mendefinisikan normal dan abnormal lewat tubuh manusia. Foucault tertarik pada mengapa dan bagaimana tubuh perlu diatur dan dikelola dalam masyarakat modern. Alasan pertamanya, tekanan penduduk akibat urbanisasi kedua, kebutuhan kapitalisme industri.Aturan tentang kesehatan disebut bio politik.

Foucault mengkaji tentang kelahiran klinik dan medikalisasi kehidupan modern. Menurut Foucault keberadaan manusia juga dikendalikan dan didefinisikan dalam kategori sakit dan sehat. Selain mengkaji masalah-masalah diatas, Foucault mengemukakan kombinasi kekuatan pengawasan eksternal dan pengawas internal dalam diri manusia.

Minat utama Foucault meliputi sejarah pemikiran, epistemologi, etika dan filsafat politik. Gagasan pentingnya tentang arkeologi, genealogi, episteme, dispositif, biopower, gonvermentality, institusi discipliner dan panopticism. Selain dipengaruhi oleh Nietzsche filsafat Foucault juga dipengaruhi oleh Immanuel Kant, Karl Marx, Georges Canguilhem, Martin Heidegger, Georges Bataille, Maurice Blanchot, dan beberapa filsuf yang lain. Dan mempengaruhi beberapa filsuf seperti, Giorgio Agamben, Edward Said Arnold Davidson dan beberapa filsuf ataupun ilmuwan yang lain.

 

 

PENUTUP

 

Seluruh filsafat Foucault bertujuan untuk memperjelas bahwa apa yang kita anggap sebagai pengetahuan dan konsep yang kita pahami adalah tidak tetap, tergantung lingkungan, dan historis, tergantung siapa yang berkuasa saat itu.

Walaupun filsafatnya terdengar pesimis dan gelap, tetapi masalah tentang pentingnya filsafat merupakan sisi terang dari filsafat Foucault. Filsafatnya sebagai alat penyeimbang terhadap penguasa dalam memgendalikan individu. Struktur sosial masyarakat yang meminimalkan dominasi dapat dibangun dengan filsafat. Filsafat juga menjadi dijadikan sebagai alat uji pada pemahaman pengetahuan yang kita dapatkan dan pada terangnya cahaya dari efek kebijksanaan yang kita miliki.

Filsafat Foucault merupakan kritik terhadap kekuasaan yang mendominasi berbagai hal, termasuk kebenaran yang didefinisikan sesuai kepentingan penguasa. Dalam dunia bisnis pun terdapat regulasi yang diatur oleh penguasa demi kepentingan para penguasa. Korupsi, kolusi dan nepotisme merupakan contoh  dari penyalahgunaan kekuasaan yang seharusnya mereka mengatur agar semua berjalan adil demi kepentingan bersama bukan hanya demi kepentingan penguasa sendiri.

 

 

REFERENSI

 

Ari Yuana, Kumara.2010.The Greatest Philosophers:Yogyakarta

http://id.wikipedia.org/wiki/Michel_Foucault

 

 

*) Penyusun

Nama               : Rina Saputri

Mata Kuliah    : Filsafat Ilmu

Dosen              : Afid Burhanuddin, M.Pd.

Prodi               : Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Pacitan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s